Jelang Rilis Data Ekonomi AS, Harga Emas Melonjak

Liputan6.com, Chicago Harga emas berjangka menguat di divisi New York Mercantile Exchange pada perdagangan Rabu (Kamis pagi) seiring trader menempatkan taruhannya menjelang rilis data pekerjaan bulanan Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan.

Mengutip Reuters, Kamis (3/4/2014), harga kontrak emas untuk pengiriman Juni naik US$ 10,8 atau 0,84% ke level US$ 1.290,8.

Sentimen rilis data ekonomi AS seperti data tenaga kerja dan pesanan pabrik pada Maret membantu pergerakan harga emas. Meski pun kemungkinan tekanan inflasi lebih tinggi mempengaruhi pasar.

“Ada cukup baik untuk bargain hunting di logam mulia pada hari ini,” ujar George Gero, Analis RBC Wealth Management.

Selain itu, kenaikan harga meas ini juga bertepatan dengan data ADP US Payrolls yang menunjukkan pengusaha sektor swasta AS menambakan 191 ribu pekerja pada Maret 2014.

Sementara itu, pesanan barang manufaktur AS melonjak 1,6% pada Februari. Kenaikan ini terbesar sejak September, dan di atas perkiraan pasar 1,2%.

“Angka-angka itu menunjukkan pemulihan lebih baik bagi perekonomian, tetapi juga ada kemungkinan lebih tinggi untuk inflasi, dan itu bagus untuk emas,” tutur Gero.

Namun kenaikan emas dapat dibatasi menjelang data tenaga kerja resmi pada Maret yang diumumkan akhir pekan ini. Pasar telah terbebani oleh kekhawatiran The Federal Reserve akan mempertimbangkan pemulihan ekonomi untuk menaikkan suku bunga acuan.

Berdasarkan survei Reuters, jumlah nonfarm payrolls diharapkan bertambah 200 ribu pada Maret 2014. “Bila data payrolls melebihi harapan maka emas akan berada di bawah tekanan lagi,” tulis catatan UBS. (sumber: liputan6)

(Pr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.