Kejutan Besar di Pasar Sangat Diperlukan Agar Emas Bisa Bergerak – Analis

Emas terjebak di kisaran aman $1,300-1,360 dan pedagang yang frustrasi harus menunggu kejutan yang cukup kuat untuk mendorong emas ke arah mana pun, menurut seorang analis. Dan itu bukan Korea Utara atau Iran.

“Jelas, emas harus mengambil peristiwa mengejutkan yang signifikan untuk keluar dari kisaran ini,” Colin Cieszynski, kepala strategi pasar di SIA Wealth Management, mengatakan kepada MarketWatch pada hari Kamis.

Sejauh ini, resiko geopolitik, termasuk ketegangan di sekitar Korea Utara dan Iran tidak cukup untuk memicu rally yang berkelanjutan.

Perubahan resiko politik yang terkait dengan Iran dan Korea Utara belum bisa menggerakkan emas, dan rally baru-baru ini dalam dolar AS juga tidak bisa menggerakkan emas,” kata Cieszynski. “Demikian juga, imbal hasil Treasury AS belum dapat lolos dari 3,00% di kedua arah.”

Salah satu penggerak yang akhirnya bisa memindahkan emas adalah koreksi di pasar saham, tambah Cieszynski.

“Sama seperti pasar saham yang telah pindah ke kisaran yang bisa bertahan selama setahun, emas bisa menghabiskan sebagian besar tahun dalam kisaran ini,” Cieszynski memperingatkan. “Ketika keluar dari kisarannya, itu bisa disertai dengan pergerakan lain seperti keluarnya pasar saham, obligasi, dolar AS atau suku bunga dari kisarannya.”

Pada bulan Februari, pasar melihat koreksi dalam ekuitas, tetapi emas gagal rally sebanyak yang diharapkan oleh banyak analis pada saat itu.

Pada hari Kamis, aksi harga emas dijinakkan, dengan logam kuning membuat kenaikan sederhana dan menyentuh sesi tertinggi di $1,322.

“[Emas melihat beberapa] dukungan naik dari sedikit permintaan safe-haven, indeks dolar AS yang lebih rendah, laporan inflasi AS yang jinak, dan beberapa short covering di pasar berjangka,” kata analis teknis senior Kitco Jim Wyckoff.

Level yang harus diperhatikan adalah di bawah dekat support psikologis utama di $1,300.00, yang dapat memicu aksi jual, kata Wyckoff, menambahkan bahwa ia tidak melihat itu akan bisa terjadi dalam jangka pendek.

“Saat ini tampaknya level support yang kuat akan bertahan. Kenaikan penutupan harga high mingguan pada Jumat akan memberikan momentum kenaikan bulls untuk menunjukkan pasar jangka pendek akan terjadi,” tulisnya di PM Roundup-nya. “Resistance pertama terlihat pada level tertinggi hari ini di $1,323.40 dan kemudian di $1,330.00. Support pertama terlihat pada level terendah hari ini di $1,310.60 dan kemudian pada level terendah Mei $1,302.30.

Ketika pasar Asia dibuka pada hari Jumat, emas spot di Kitco.com turun tipis 0,07% pada hari itu, diperdagangkan pada $1,320.30, sementara emas berjangka Comex Juni terakhir di $1,320.70, turun 0,12% pada hari itu.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.