Kekhawatiran Tinggi Mendorong Harga Emas ke Harga Tinggi Selama 7 Minggu

Harga emas mengakhiri sesi awal perdagangan AS dengan lebih tinggi dan terdorong ke harga tertinggi selama tujuh minggu pada hari Rabu, karena permintaan safe haven yang solid. Ada kecemasan yang kuat dan keengganan resiko di pasar setelah Presiden AS Donald Trump pada hari Selasa memperingatkan Korea Utara bahwa akan terjadi “akan terjadi kemarahan yang dunia belum pernah saksikan sebelumnya” jika Korea Utara terus mengancam AS. Korea Utara menanggapi dengan mengatakan bahwa hal tersebut dapat memicu peluncuran rudal ke wilayah AS di Guam. Emas Comex Desember terakhir naik $16,60 per ounce di $1,279.20. Perak Comex September terakhir naik $0,461 pada $16,85 per ounce.

Konflik AS-Korea Utara cenderung tetap berada di barisan depan pasar setidaknya selama beberapa saat, dan mungkin untuk jangka waktu yang lama. Hal itu adalah bullish untuk pasar emas safe haven, dan juga untuk perak, yang oleh banyak investor juga dianggap sebagai aset safe haven.

Pasar saham dunia, termasuk indeks saham AS, dijual pada hari Rabu karena ketegangan AS-Korea Utara yang meningkat. Nilai T-Bond dan T-Note AS rally karena pembelian yang tinggi.

Indeks dolar AS diperdagangkan mendekati stabil pada hari Rabu dan tidak memiliki reaksi besar terhadap Korea Utara-AS. Indeks berada dalam tren turun sepanjang tahun dan bearish memiliki keuntungan teknis jangka pendek yang kuat.

Yen Jepang menguat terhadap banyak mata uang pada hari Rabu karena pembelian yang berkualitas dari investor Asia.

Sementara itu, minyak mentah berjangka Nymex hampir stabil pada transaksi siang hari ini (9/8) dan diperdagangkan di atas $49,00 per barel. Minyak tidak memiliki banyak reaksi terhadap Korea Utara-AS. Pertemuan OPEC minggu ini di Abu Dhabi berakhir dengan sedikit keriangan dan tidak ada pengumuman penting.

Berita lainnya, ada lagi serangan teror di Prancis pada hari Rabu. Beberapa terluka saat sebuah mobil menabrak beberapa tentara Prancis. Pasar tidak bereaksi terhadap berita ini.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*