Kembali Turun, Harga Emas Dunia di Bawah 1.300 Dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Selasa (29/4/2014) waktu setempat (Rabu pagi WIB) untuk sesi kedua berturut-turut. Sebagian besar tertekan oleh kenaikan dalam ekuitas Amerika Serikat.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun 2,7 dollar AS atau 0,21 persen menjadi menetap di 1.296,3 dollar AS per ounce.

Beberapa analis mengatakan, investor memilih aset-aset ekuitas yang lebih berisiko setelah beberapa pelemahan, di bawah ekspektasi data kepercayaan konsumen dari Amerika Serikat membebani perdagangan emas pada hari ini.

Indeks kepercayaan konsumen AS turun menjadi 82,3 pada April dari angka direvisi 83,9 pada Maret. Ini mencerminkan penilaian kondisi bisnis dan pasar tenaga kerja saat ini kurang menguntungkan, seperti data yang dirilis oleh Conference Board pada Selasa.

Revisi naik Maret menempatkan indeks pada bulan tersebut di tingkat tertinggi sejak Januari 2008. Namun, angka April masih sedikit di bawah perkiraan Wall Street. Selain itu, pedagang mengatakan, investor juga menunggu hasil dari pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) AS yang dimulai Selasa.

Indeks dollar AS, yang merupakan indikator greenback terhadap enam mata uang utama dunia, berada pada 79,80 pada Selasa, naik dari penutupan sebelumnya 79,70 pada akhir Senin di perdagangan Amerika Utara.

Sementara itu, perak untuk pengiriman Juli turun 8,1 sen atau 0,41 persen menjadi ditutup pada 19.538 dollar AS per ounce.

(Sumber: kompas.com)

(DK)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.