Kembali Turun, Harga Emas Sentuh Level Terendah Sebulan

CHICAGO, KOMPAS.com –¬†Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange jatuh untuk sesi keempat berturut-turut pada Kamis (20/3/2014) sore waktu setempat (Jumat pagi WIB), menjadi berakhir di tingkat terendah sepanjang bulan ini.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April turun 10,8 dollar AS atau 0,81 persen menjadi menetap di 1.330,5 dollar AS per ounce.

Harga emas telah kehilangan 2,7 persen atau hampir 38 dollar AS per ounce, selama tiga sesi terakhir perdagangan, dan ditutup pada Kamis di tingkat terendah sejak 28 Februari, statistik menunjukkan.

“Dengan berkurangnya krisis geopolitik di Ukraina dan Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen memberikan kejutan yang tidak diinginkan ke pasar pada Rabu, para spekulan melarikan diri dari pasar emas,” kata analis.

The Fed setelah pertemuan kebijakannya mengatakan akan melanjutkan pengurangan program pembelian obligasinya. Sebagai respon pasar, dollar AS menguat dan emas turun di perdagangan elektronik.

Ditanya tentang berapa lama Fed akan menunggu antara akhir kebijakan stimulus dan kenaikan suku bunga dasar, Yellen pada konferensi pers pertamanya, mengisyaratkan bahwa bank sentral mungkin menunggu sekitar enam bulan setelah pengurangan stimulus berakhir sebelum mulai meningkatkan suku bunga.

Sementara perak untuk pengiriman Mei kehilangan 39,6 sen atau 1,90 persen menjadi ditutup pada 20,430 dollar AS per ounce. (Kompas) (Dn)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.