Kenaikan Fed Rate Dibahas Desember, Harga Emas Anjlok 28,8 Poin Ke 1.147,30

Bisnis.com, JAKARTA- Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada penutupan perdagangan Kamis waktu New York atau Jumat pagi WIB, setelah bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve mengindikasikan akan mempertimbangkan kenaikan suku bunga pada pertemuan Desember.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember melemah US$28,8 atau 2,45% ke US$1.147,30 per ounce, seperti dikutip Antara, Jumat (30/10/2015).

Emas berada di bawah tekanan karena Fed mengindikasikan pada akhir pertemuan dua hari FOMC yang dirilis Kamis WIB, bahwa peningkatan suku bunga akan menjadi agenda pada pertemuan Desember.

Pernyataan pertemuan FOMC tersebut sejalan dengan pernyataan Ketua Fed Janet Yellen yang diberikan pada 25 September di University of Massachusetts yang menunjukkan The Fed masih bisa menaikkan suku bunga sebelum akhir 2015.

Para analis juga meyakini Fed akan menaikkan suku bunga pada Desember. Seperti diketahui belum ada peningkatan suku bunga The Fed sejak Juni 2006, sebelum awal krisis keuangan Amerika.

Kenaikan suku bunga The Fed mendorong investor menjauh dari emas dan menuju aset-aset dengan imbal hasil, karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga. (market.bisnis.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.