Kepemilikan Emas ETF Global Menurun 49.3 Ton di Bulan Juni – WGC

Jumlah emas yang dipegang oleh exchange-traded funds global dan produk sejenisnya turun 49,3 ton menjadi 2.434,3 ton pada Juni, World Gold Council melaporkan pada hari Jumat.

Dalam dolar AS, aset yang dikelola turun 2,1% dari Mei menjadi $97,9 miliar.

“Para investor tampaknya mengabaikan kinerja pasar ekuitas yang buruk dan meningkatkan ketegangan perdagangan global, membuat harga emas turun 4,2% pada bulan Juni,” kata WGC.

Perdagangan ETF seperti saham tetap melacak harga komoditas, dengan logam dimasukkan ke penyimpanan untuk mendukung saham. Produk ini memberi investor eksposur ke harga emas tanpa harus mengeluarkan biaya tertentu, seperti pengujian dan penyimpanan.

Sebagian besar arus keluar datang dari Amerika Utara, karena kepemilikan di Amerika Utara ini menurun 44,4 ton, kata WGC.

ETF yang terdaftar di Asia membukukan penurunan 3,5 ton, sementara kepemilikan oleh ETF Eropa naik 0,5 ton. Kepemilikan di wilayah lain turun 2 ton.

Di antara ETF individu, kepemilikan di SDPR Gold Shares dan iShares Gold Trust memimpin penurunan di Amerika Utara, secara berturut-turut turun 28 ton dan 17,4 ton. Graniteshares Gold Trust mencatat pertumbuhan terbesar di kawasan ini, naik 5,9 ton.

Arus masuk Eropa didorong oleh UBS ETF CH-Gold, meningkat sebesar 4,4 ton, dan Xtrackers Physical Gold, naik 1,2 ton.

Pertumbuhan untuk kepemilikan Bosera Gold ETF yang terdaftar China sedikit terhenti, dengan penurunan 2,2 ton pada bulan Juni.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*