Kepemilikan Emas ETF Naik 3% Pada 2018, Desember Menandai Bulan ke-3 Dari Arus Masuk Bersih – WGC

Kepemilikan emas untuk dana yang diperdagangkan di bursa global dan produk serupa naik 3% pada 2018, mengakhiri tahun ini dengan kuat dengan aliran masuk bersih selama tiga berturut-turut pada bulan Desember, World Gold Council (WGC) melaporkan pada hari Selasa.

Kepemilikan emas naik 69 ton menjadi 2.440 ton pada 2018, yang setara dengan arus masuk sebesar $ 3,4 miliar. Penggerak utama adalah dana Eropa dan aktivitas arus masuk yang kuat pada bulan Desember.

“Ini adalah pertama kalinya sejak 2012 bahwa nilai total kepemilikan gold-backed ETF menyelesaikan tahun di atas US $ 100 miliar,” kata WGC dalam sebuah laporan.

Based funds Eropa naik 96,8 ton, naik 10% dalam setahun, dengan Jerman memimpin arus masuk dengan tambahan $ 2,6 miliar. Dan juga, based funds Inggris membuat kontribusi besar dengan menambahkan $ 1,7 miliar dalam arus masuk, dipicu oleh ketidakpastian seputar Brexit.

Bulan Desember menandai akhir yang kuat untuk tahun ini, dengan gold-backed ETF global naik 3% atau 76 ton ($ 3,1 miliar). Secara triwulanan, Q4 mengalami peningkatan 5%, dipimpin oleh aliran masuk di Amerika Utara dan Eropa.

“Secara absolut, dana Amerika Utara – yang cenderung lebih didorong oleh harga dan momentum – memicu arus keluar, didorong oleh kinerja emas yang lemah selama kuartal ketiga. Aliran ini berbalik pada kuartal keempat untuk menutupi sebagian besar kerugian sebelumnya,” kata WGC.

Setiap tahun, dana Amerika Utara mengalami aliran keluar sebesar 13,4 ton.

ETF diperdagangkan seperti saham tetapi mengawasi harga komoditas, dengan logam disimpan untuk mendukung saham. Ini memberikan investor paparan harga emas tanpa melakukan pengeluaran tertentu seperti penyimpanan dan pengujian logam fisik.

Penampilan individu terbaik adalah Germany’s Xtrackers Physical Gold, yang memimpin arus masuk global tahunan dengan menambahkan 46 ton ($ 1,9 miliar) dan tumbuh 295% pada tahun itu, tambah WGC.

Di sisi lain, ETF emas terbesar di dunia, SPDR Gold Shares, memimpin arus keluar global dengan kehilangan 49,8 ton ($ 1,8 miliar) per tahun.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.