Kisah Turun Naiknya Harga Emas

JAKARTA РPekan kedua April pada tahun lalu, harga emas anjlok 15 persen dalam dua hari perdagangan. Tahun lalu memang tahun yang volatil untuk logam berharga tersebut.

Tahun 2013 memang menjadi akhir dari masa kejayaan emas yang sempat diraih dalam periode 12 tahun terakhir. Demikian dilansir dari CNBC, Selasa (15/4/2014).

Kolapsnya harga emas pada April 2013, yakni sampai di bawah USD1.500 per ouns disebuat sebagai kerugian senilai USD1 triliun.

Pada September 2011, harga emas menyentuh level USD1.900. Tingginya permintaan emas pada saat itu membuat nilainya naik sampai 575 persen.

“Harga emas turun cukup dalam pada 15 April lalu. Saat itu, investor membeli emas dan produk derivatif emas karena mereka memperkirakan harga akan terus naik sampai 13 tahun lalu,” jelas Head Research BullionVault, Adrian Ash.

“Tapi kemudian, mereka kehilangan semuanya. Harga emas sepanjang tahun 2014 sudah naik 10 persen,” tambah dia.

Saat ini, emas diperdagangkan di posisi tertingginya dalam dua pekan terakhir. Dan pekan ini merupakan pekan terbaik bagi pasar saham, yang tertkan isu geopolitik di Ukraina.

Pada pekan lalu, harga emas ditutup di level USD1.319 per ons, setelah menguat selama tiga hari. Setelah sebelumnya berada di posisi USD1.324. (sumber: okezone)

(Pr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.