Komoditas: Emas

emas-gold

Dari masa Firaun Mesir sampai pelayaran Columbus ke Dunia Baru dan sekitarnya, emas telah dipuja sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran. Emas juga telah digunakan sebagai mata uang dan sebagai cara untuk menopang uang kertas dari berbagai negara. Salah satu pergerakan paling signifikan yang beralih ke mata uang emas dan perak terjadi pada tahun 1792, yang merupakan tahun dimana AS menempatkan dolar pada standar emas dan perak.

Seratus tujuh puluh sembilan tahun kemudian, pada tahun 1971, AS dihapus dari standar emas oleh Presiden Richard Nixon. Pergeseran ekonomi fundamental ini memiliki dampak yang luar biasa pada harga emas di seluruh dunia. Kira-kira delapan tahun kemudian, pada tanggal 21 Januari 1980, harga emas melonjak dari level terendah $35/ounce menjadi rekor tertinggi $850/ounce, atau $2,398.21 ketika disesuaikan dengan inflasi. Pada tanggal 19 Maret 2008, emas mencapai level tertingginya pada $1.022,40.

Saat ini, emas digunakan sebagai investasi, komputer dan perhiasan. China, Afrika Selatan, AS, Australia, Kanada, Indonesia dan Rusia secara kolektif mewakili tulang punggung produksi emas global.

Spesifikasi Kontrak Emas
Ticker Symbol Open Outcry: GC (NYMEX)
Electronic: EGC (Globex)
Contract Size 100 troy ounces
Deliverable Grades Dalam pemenuhan setiap kontrak, penjual harus memberikan 100 troy ounce (± 5%) emas murni, dengan pengujian tidak kurang dari .995 kemurnian, dilemparkan baik dalam satu bar atau dalam tiga bar @satu kilogram, dan memiliki nomor seri dan identifikasi cap dari refiner yang disetujui dan terdaftar oleh bursa. Daftar penyuling dan penguji yang disetujui tersedia dari pertukaran atas permintaan.
Bulan Kontrak Sepanjang Tahun
Jam Trading Trading mulai dilakukan dari pukul 8:20 am – 1:30 EST.
Trading elektronik dilakukan melalui platform trading CME Globex mulai pukul 06:00 sampai 5:15 sore hari Jumat, EST, dengan istirahat 45 menit setiap hari antara pukul 5:15 dan 6 malam.
Hari Terakhir Trading Trading berakhir pada penutupan bisnis di hari ketiga sampai hari kerja terakhir bulan pengiriman yang akan jatuh tempo.
Hari Terakhir Pengiriman Hari kerja terakhir bulan kontrak. Emas yang dikirim melawan kontrak berjangka harus memuat nomor seri dan mengidentifikasi cap penyuling yang disetujui dan terdaftar di bursa. Pengiriman harus dilakukan dari penyimpanan yang diberi lisensi oleh bursa.
Price Quote Dolar AS dan sen per troy ounce
Tick Size NYMEX: 10 sen per troy ounce ($10 per kontrak)
Batas Harga Harian
(Tidak berlaku di pasar elektronik)
Tidak ada batas harga

Memahami Kontrak Emas
Seperti setiap komoditas, emas memiliki simbol ticker tersendiri, nilai kontrak dan persyaratan margin. Untuk berhasil menukar komoditas, Anda harus menyadari komponen utama ini dan mengerti bagaimana menggunakannya untuk menghitung potensi keuntungan dan kerugian Anda.

gold

Misalnya, jika Anda membeli atau menjual kontrak berjangka emas, Anda akan melihat pegangan tape ticker yang terlihat seperti ini:

GC8Z @ 920

Ini sama seperti mengatakan “Emas (GC) 2008 (8) Desember (Z) pada $920/ounce (920).” Seorang trader membeli atau menjual kontrak emas sesuai dengan jenis kutipan ini.

Bergantung pada harga yang dikutip, nilai kontrak komoditas didasarkan pada harga pasar saat ini yang dikalikan dengan nilai aktual kontrak itu sendiri. Dalam hal ini, kontrak emas sama dengan 100 troy ounce dikalikan dengan harga hipotetis kami sebesar $920, seperti di bawah ini:

$920.00 x 100 troy ounce = $92,000

Komoditas diperdagangkan berdasarkan margin, dan margin berubah berdasarkan volatilitas pasar dan nilai nominal kontrak saat ini. Untuk memperdagangkan kontrak emas di New York Mercantile Exchange (NYMEX) membutuhkan margin sebesar $4.455, yaitu sekitar 5% dari nilai nominal.

Menghitung Perubahan Harga
Karena kontrak komoditas disesuaikan, setiap pergerakan harga memiliki nilai tersendiri. Dalam kontrak emas, pergerakan $1 sama dengan $100. Saat menentukan angka keuntungan dan kerugian NYMEX, Anda menghitung selisih antara harga kontrak dan harga keluar, lalu kalikan hasilnya sebesar $100. Misalnya, jika harga bergerak dari $920 sampai $1.000, Anda melipatgandakan selisihnya, yaitu $80, $100 untuk menghasilkan perubahan nilai kontrak sebesar $8.000.

Buy Sell Total Nilai
Harga Kontrak Emas
(pergerakan $1 = $100)
$920 $1,000 $80 atau $8,000

Bursa Emas
Kontrak berjangka untuk emas diperdagangkan di New York Mercantile Exchange (NYMEX) melalui divisi Commodity Exchange (COMEX) via open outcry. Kontrak berjangka emas juga diperdagangkan secara elektronik melalui Chicago Board of Trade (eCBOT), National Commodity and Derivatives Exchange India (NCDEX), Dubai Gold and Commodities Exchange (DGCX), Multi Commodity Exchange (MCX) dan Tokyo Commodity Exchange (TOCOM).

Fakta Tentang Produksi
Penambangan emas adalah bisnis, dan seperti bisnis apa pun, biaya keras dikaitkan dengan penggalian emas dari bumi. Pada 2008, emas pertambangan berharga sekitar $238 per ounce. Karena biayanya yang sangat tinggi per ounce nya, kepercayaannya adalah bahwa semua emas yang pernah ditambang hampir sebesar 145.000 ton, jumlah yang bisa membentuk satu kubus berukuran 66 kaki per sisi.

Secara historis, Afrika Selatan telah menjadi produsen emas utama – sebanyak 80% pasokan dunia pada satu waktu. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, produksi negara tersebut secara signifikan turun dari 1.000 ton metrik ton menjadi 272 metrik ton, lebih dari dua pertiga penurunan produksi.

Sejumlah faktor telah mempengaruhi pengurangan produksi emas di Afrika Selatan. Sebagai contoh, pertambangan bijih emas menjadi lebih sulit, masalah ekonomi lokal telah berevolusi, dan kontrol yang lebih ketat telah muncul. Pada 2007, China beringsut di depan Afrika Selatan, menjadi produsen emas terkemuka dengan total 276 ton.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Emas
Harga emas dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

  • Emas telah mengembangkan penggunaan komersial yang luas sebagai lapisan pada konektor listrik. Hal ini dapat ditemukan di berbagai perangkat, mulai dari kabel audio dan video hingga kabel komputer dan komponen serta konektornya.
  • Produksi emas di seluruh dunia terus menurun terhadap permintaan dunia. Pada tingkat produksi saat ini, menurut asumsi adalah dalam waktu kurang dari 45 tahun, pasokan emas kita tidak akan dapat memenuhi permintaan.
  • Dewan Emas Dunia memperkirakan bahwa total emas yang ditambang setiap tahun adalah sekitar 2.500 metrik ton. Saat ini, 3.500 metrik ton emas digunakan di industri perhiasan, investasi dan komersial, dan sulit untuk menentukan di mana kekurangan emas 1.000 ton akan berasal.
  • Dana Moneter Internasional (IMF) dan Washington Agreement on Gold (WAG) memiliki persyaratan yang sangat ketat dalam penjualan emas: kurang dari 400 ton per tahun, dan para anggota tidak dapat menggunakan emas untuk mengembalikan atau mengganti mata uang mereka.
  • India adalah konsumen emas terbesar di dunia, dengan konsumsi tahunan diperkirakan 700 ton per tahun. Proyeksi telah menempatkan permintaan emas India di masa depan sebesar US$20 miliar pada tahun 2010 dan US$30 miliar pada tahun 2015.

Kesimpulan
Sejarah emas yang signifikan dan konduktivitas listrik memastikan bahwa emas akan diminati untuk waktu yang lama. Sebagai investasi, terkadang emas diminati dan terkadang tidak, dan telah mengalami beberapa harga paling ekstrem dari salah satu pasar komoditas. Apakah emas akan terus dianggap sebagai pelindung nilai inflasi yang layak dilihat. Namun, fakta sederhana bahwa logam yang langka dan indah akan selalu menjadi yang utama.


Share
This entry was posted in Arikel emas. Bookmark the permalink.