Konflik Ukraina-Rusia Gosok Kilau Emas Global

SINGAPURA РHarga emas global naik ke level tertinggi tiga mingguan, karena meningkatnya ketegangan geopolitik di Ukraina. Investor nampaknya lebih memilih menghindari risiko, dan membuat saham lebih rendah dan meningkatkan investasi pada safe haven.

Melansir Reuters, Senin (14/4/2014), emas jenis Spot naik USD7,53 atau 0,57 persen ke USD1.325,5 per troy ons. Sementara emas berjangka Amerika Serikat (AS), Comex Gold, naik USD7,1 atau 0,54 persen ke USD1.326,1 per troy ons.

Amerika siap untuk meningkatkan sanksi terhadap Moscow jika aksi militer pro-Rusia di Ukraina timur terus terjadi. Sanksi Amerika nantinya akan menargetkan sektor usaha Rusia seperti pertambangan, perbankan dan energi.

Platinum menguat sekitar 1 persen ke level tertinggi hampir sebulan, karena pemogokan buruh di Afrika Selatan terus terjadi. Ukraina juga akan menyingkirkan separatis pro-Rusia dan siap untuk melawn dengan operasi anti-teroris skala penuh.

SPDR Gold Trust, emas yang memiliki dana cadangan terbesar yang diperdagangkan di bursa, mengatakan kepemilikan sahamnya jatuh 1,80 ton menjadi 804,42 ton pada akhir pekan kemarin.

Palladium naik untuk sesi kelima tertinggi sejak Agustus 2011 karena pasokan dari dua top produsen, Rusia dan Afrika Selatan. Palladium naik di tengah kekhawatiran bahwa sanksi AS terhadap Rusia dapat mempengaruhi pasokan logam. (Okezone) (Dn)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.