Langkah emas masih bearish

SINGAPURA. Harga emas masih melanjutkan penurunan mingguan pada pagi ini (21/12). Mengutip data Bloomberg, pada pukul 07.36 waktu Singapura, harga kontrak emas untuk pengantaran segera tak banyak mencatatkan perubahan di posisi US$ 1.065,57 per troy ounce. Sepanjang pekan lalu, harga emas mengalami penurunan sebesar 0,8%.

Harga emas tertekan setelah The Federal Reserve mengerek suku bunga acuannya pada pekan lalu untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir.

Perjalanan harga emas penuh liku di sepanjang 2015 seiring aksi spekulasi investor mengenai kapan pelaksanaan kenaikan suku bunga AS.

Penantian itu akhirnya terjawab. Pada Rabu (16/12) lalu, jajaran direksi The Fed dengan suara bulat sepakat mengerek suku bunga acuan menjadi 0,5%. Di sisi lain, Pimpinan The Fed Janet Yellen dan jajarannya menekankan kenaikan suku bunga ke depannya akan dilakukan secara bertahap.

“Dengan banyaknya fokus terhadap satu keputusan, cukup wajar jika ada pertanya, sekarang apa? Kami yakin arah suku bunga The Fed akan menentukan nasib emas selanjutnya,” jelas tim analis Australia and New Zealand Banking Group Ltd. (investasi.kontan.co.id)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.