Lemahnya Greenback Mengangkat Emas

Harga emas berjangka hari ini mengakhiri sesi perdagangan awal AS dengan lebih tinggi dan ditutup pada level tertingginya selama 2,5 bulan. Permintaan safe haven dan pembelian teknis merupakan fokus utama di logam kuning ini. Indeks dolar AS yang lebih rendah adalah “outside market” yang supportive untuk logam mulia saat ini. Emas Comex Desember terakhir naik $5,60 per ounce di $1,297.20. Perak Comex September terakhir naik $0,03 pada $17,025 per ounce.

Kejadian penting di minggu perdagangan ini adalah pertemuan bank sentral tahunan yang diadakan di Jackson Hole, Wyoming, pada hari Kamis hingga Sabtu. Ikhtisar para pembicara bank sentral dari seluruh dunia termasuk Ketua Federal Reserve Janet Yellen dan Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi. Pasar akan mengamati dengan saksama pidato Jackson Hole untuk petunjuk tentang kebijakan moneter selanjutnya yang digerakkan oleh bank sentral utama dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, confab bank sentral Jackson Hole telah secara signifikan menggerakkan pasar.

Konflik AS-Korea Utara tentang program rudal nuklir Korea Utara masih sangat mempengaruhi pasar. Hal itu masih merupakan elemen pendukung untuk emas safe-haven. AS dan Korea Selatan akan mengadakan latihan militer gabungan minggu ini, yang bisa memicu reaksi marah dari Korea Utara.

Emas juga didukung oleh administrasi Trump yang masih dalam kekacauan. Hal itu merupakan elemen bearish untuk pasar saham AS. Pasar saham AS goyah selama bulan Agustus ini, sebagian karena kekhawatiran tentang kemampuan Trump untuk mencapai tujuannya di tengah kontroversi tersebut. Penasihat ekonomi Trump mengundurkan diri pekan lalu dan penasihat Steve Bannon telah dipecat. Trump akan menyampaikan pidato di Afghanistan kepada publik Amerika pada Senin malam.

Kelemahan pasar saham dunia yang terlihat baru-baru ini juga bisa akibat dari antisipasi terhadap turbulen pasar saham yang dalam sejarah selalu terjadi pada bulan September dan Oktober. Kemungkinan aksi pasar saham dan volatilitas akan meningkat setelah libur Hari Buruh AS pada awal September. Saat itulah sebagian besar liburan keluarga pedagang AS berakhir, anak-anak mereka kembali bersekolah, dan pedagang Eropa akan kembali dari liburan Agustus mereka.

Kunci “outside market” pada Senin melihat indeks dolar AS lebih rendah. Namun, tren greenback selama bulan Agustus ini adalah lebih tinggi. Sementara itu, minyak mentah berjangka Nymex lebih rendah. Ada pertemuan teknis OPEC di Wina, Austria hari ini, untuk membahas kesesuaian kuota produksi minyak mentah di antara anggota kartel.

(zou)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.