Manajer Keuangan Memangkas Posisi Emas Net-Bullish

Spekulan besar memotong posisi net-bullish mereka di emas berjangka lebih dari setengah selama minggu pelaporan terbaru untuk data yang dikumpulkan oleh Commodity Futures Trading Commission.

Analis mengutip dolar AS yang lebih kuat, meningkatkan sentimen dalam ekuitas dan sedikit kenaikan dalam hasil Treasury.

Selama periode seminggu lamanya hingga 2 April yang dicakup oleh laporan itu, emas Comex Juni turun $26 menjadi $1.295,40 per ounce, sementara perak Mei kehilangan 36,8 sen menjadi $15,0651.

Posisi net long atau short dalam data CFTC mencerminkan perbedaan antara jumlah total kontrak bullish (long) dan bearish (short). Pedagang memantau data untuk mengukur suasana umum spekulan, meskipun angka yang terlalu tinggi atau rendah dipandang oleh banyak orang sebagai tanda pasar overbought atau oversold yang mungkin siap untuk koreksi harga.

Posisi net-long kolektif manajer keuangan dalam laporan terpisah turun menjadi 24.618 kontrak berjangka dari 57.987 pada minggu sebelumnya. Sebagian besar penurunan adalah melalui likuidasi, karena jumlah total pembelian posisi long turun 24.557 lot. Ada juga penjualan segar, yang tercermin dari peningkatan 8.812 bruto posisi short.

“Penguatan ekspektasi pertumbuhan, USD yang kuat [dolar AS] dan tingkat risk appetite yang kuat di pasar ekuitas global mendorong manajer keuangan untuk secara agresif memotong jumlah bersih eksposur mereka untuk emas minggu lalu,” kata TD Securities. “Investor memotong eksposur posisi long karena prospek untuk rally berkelanjutan memudar di tengah optimisme yang berkembang bahwa akan ada aliran dana yang berkelanjutan di pasar risiko. Pada saat yang sama, penurunan harga di tengah kenaikan kecil untuk yields (hasil) meyakinkan pedagang untuk mengambil posisi short baru, karena harga mendekati level teknis yang bisa kondusif untuk downside tambahan.

“Untuk saat ini, data perusahaan AS dan ekuitas yang berkinerja baik bisa menjauhkan investor dari logam kuning, yang juga akan melihat aksi harga range-bound.”

Yang lain, bagaimanapun, mengisyaratkan bahwa posisi long yang lebih sedikit menciptakan peluang bagi para peserta yang keluar untuk kembali ke pasar lagi.

“Headwind dari investor keuangan spekulatif juga kemungkinan telah mereda setelah posisi net-long dikurangi lebih dari setengah …,” kata Commerzbank.

Dalam kasus perak, manajer keuangan membalik ke posisi net-short sebesar 1.724 kontrak berjangka setelah memiliki net-long 12.306 pada minggu sebelumnya. Bagian terbesar dari turnaround adalah penjualan segar, dengan jumlah total posisi short naik 13.656 lot.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.