Memahami Kutipan Harga Emas

Selama berabad-abad, emas telah menjadi salah satu komoditas logam mulia yang paling populer digunakan untuk menabung dan melakukan investasi. Dengan beberapa produk investasi berbasis emas sekarang tersedia melalui berbagai pasar dan bursa, investor perorangan dan trader pemula mulai melakukan perdagangan emas.

Artikel ini menjelaskan bagaimana membaca kutipan harga emas, dari sudut pandang orang awam.

Kutipan Harga Spot Emas

Harga spot mengacu pada harga pasar saat ini dimana aset atau sekuritas tertentu diperdagangkan saat ini. harga ini biasanya adalah harga perdagangan terbaru yang terjadi pada sekuritas tersebut (dalam hal ini, emas). Namun, transaksi mungkin tidak akan menghasilkan emas pada harga spot terakhir yang diketahui, karena harga terus berubah setiap saat dan bahkan setiap detik.

Kutipan Harga Bid/Ask Emas

Kutipan harga juga berisi dua bidang harga yang paling penting: bid dan ask. Adalah harga bid dan ask yang menarik para penjual dan pembeli, bukan harga spot. Bid dan ask adalah harga di mana para penjual dan pembeli mengharapkan perdagangan mereka untuk dieksekusi. Berikut contohnya:

–Bid adalah harga di mana pembeli bersedia untuk membeli emas, yaitu pembeli rela menawar untuk membeli emas dengan harga penawaran yang dikutip. Penjual emas akan melihat harga penawaran untuk menjual emas mereka, karena rekan-rekan mereka (penawar/pembeli) mengutip harga penawaran yang ingin mereka beli.

–Ask adalah harga di mana penjual bersedia menjual emas, yaitu penjual dengan rela meminta harga untuk menjual emasnya. Pembeli emas akan melihat harga beli untuk membeli emas penjual, karena rekan-rekan mereka (penjual) mengutip harga permintaan di mana mereka berniat untuk menjual.

Berikut adalah snapshot dari kutipan harga emas:

1

Kutipan harga emas di atas menunjukkan bahwa harga perdagangan terakhir untuk satu ons emas adalah $1.177.97. Ini adalah harga spot terakhir yang diketahui pada waktu perdagangan 17:15 waktu NY (ditunjukkan di bagian bawah grafik). Biasanya, semua situs harga juga termasuk grafik intraday standar menunjukkan bagaimana harga berfluktuasi di siang hari.

Misalkan Molly ingin membeli satu ons emas. Dia bisa menggunakan harga spot ini sebagai referensi, namun tidak ada jaminan bahwa pesanan buy-nya (ketika sudah dibuat) akan tereksekusi pada harga spot terakhir yang diketahui sebesar $1.177,97. Ini adalah harga terakhir yang diperdagangkan, dan tidak menunjukkan apa-apa tentang harga yang sedang dikutip oleh pelaku pasar sekarang. Harga bid dan ask menunjukkan informasi tersebut – berapa harga yang harus dibayar para pembeli dan penjual sekarang. Mari kita lihat harga emas lainnya yang mengandung nilai bid dan ask.

2

3

Kutipan harga emas di atas adalah yang lebih rinci. Kutipan harga ini berisi kutipan harga bid dan ask yang penting, yang menarik bagi para trader emas. Jika penawar mengutip harga bid di $1,178.21, penjual menuntut harga ask pada $1.178.97.

Asumsikan Molly ingin membeli satu ons emas dan mengamati bahwa harga spot terakhir yang diperdagangkan adalah pada $1.177.97. Jika dia membuat order buy untuk membeli satu ons emas dan menetapkan harga limit di $1,177.97 (sama dengan harga spot yang terakhir diperdagangkan) dalam order buy-nya, ordernya tidak akan segera dieksekusi. Alasannya adalah bahwa penjual yang ada saat ini di pasar menetapkah harga di $1.178,97, yang ditunjukkan oleh kutipan harga ask. Harga ask-nya lebih tinggi $1 dari harga terakhir yang diperdagangkan, dan karenanya order buy Molly tidak akan tereksekusi.

Molly kemudian melihat berapa banyak penjual di pasar saat ini yang meminta harga tersebut. Jika dia membuat order buy (atau memodifikasi order yang sebelumnya) untuk satu ons emas dengan harga ask sebesar $1.178.97, maka order tersebut akan segera tereksekusi.

Perhatikan juga bahwa meskipun seseorang membuat order pada harga bid atau ask yang ada, ada kemungkinan bahwa pada saat order mencapai bursa/pasar, harga bid/ask bisa diubah oleh pembeli/penjual. Dalam hal ini, tidak ada lagi jaminan bahwa order akan dieksekusi. Kutipan harga detail lebih lanjut tersedia dengan berlangganan bagi para trader aktif, dan mereka menyertakan kutipan harga yang berbeda untuk jumlah yang berbeda. Misalnya, $1.178.97 mungkin merupakan harga ask untuk satu ons emas, dan $1.178,57 untuk 20 ons emas, $1,178.12 untuk 100 ons emas dan seterusnya.

Terlepas dari trading yang berbasis internet, harga bid dan ask juga dikutip oleh pialang emas dan pembuat pasar (market makers) saat menerima order melalui telepon. Manfaat dengan trading berbasis telepon ini adalah biasanya broker Anda mengizinkan beberapa waktu (katakanlah 30 detik sampai satu menit) bagi Anda untuk memutuskan apakah Anda ingin melanjutkan trading tersebut. Kutipan harga bid/ask nya masih tetap berlaku untuk jangka waktu tersebut dan jaminan order akan dieksekusi. Kerugian dari trading berbasis telepon adalah Anda bergantung pada broker Anda untuk harga berapa pun yang broker Anda kutip. Seperti halnya Internet, Anda tidak akan memiliki sumber alternatif untuk memverifikasi harga yang dikutip oleh broker berbasis telepon.

Hal penting lainnya bagi trader komoditas adalah kuantitas komoditas (emas) yang terkait dengan kutipan harga yang ditawarkan. Sebagian besar trader emas standar di AS pada basis per-ons, yaitu ketika Anda membayar $1.178.97, Anda mendapatkan satu ons emas. Pada awalnya, trader pemula harus memberi perhatian khusus pada kuantitas yang dikutip. Yang penting, harganya bervariasi jika jumlah penawaran diubah dari ons menjadi gram menjadi kilogram.

Catatan Penting

Seiring dengan spot emas (dalam ons, gram, atau kilogram), produk berbasis emas lainnya tersedia untuk diperdagangkan melalui bursa, seperti dana emas, ETF berbasis emas, emas berjangka, dan opsi emas, serta melalui pasar lainnya, seperti emas fisik, yang bisa berupa koin emas, batangan emas, dan biskuit emas. Perdagangan emas melibatkan tingkat harga yang tinggi. Pertaruhan uang Anda pada produk emas yang salah dapat menyebabkan situasi yang berisiko.

Trader yang berminat harus memastikan bahwa di luar harga bid dan ask, mereka juga harus memahami unsur penting lain dari produk berbasis emas, yang dapat mencakup tingkat kemurnian emas, berat, dan mekanisme pengiriman dan penyelesaian untuk memperdagangkan setiap aset.


Share
This entry was posted in Arikel emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*