Menggunakan Fibonacci untuk Menganalisa Emas (GLD, GC)

Pasar berjangka emas telah mengalami kerugian yang banyak alasan sejak membukukan posisi tertingginya sepanjang masa di $1921.50 pada tahun 2011. Namun, logam kuning ini masih menarik minat para spekulatif di seluruh dunia, dengan investor, trader dan hedger, semua mencoba untuk memprediksi peluang beli atau jual yang hebat. Sementara bug emas (yang bullish terhadap emas) bergantung pada penawaran, permintaan dan kondisi ekonomi dunia untuk memprediksi arah geraknya, komunitas perdagangan lebih memilih analisis teknis untuk memprediksi gerak harga untuk jangka pendek dan jangka panjang. Seperti semua komoditas cair lainnya, emas adalah subjek yang hebat untuk studi Fibonacci.

Studi fibonacci dapat mengidentifikasi tingkat harmonik tersembunyi yang dapat memberikan support atau resistance utama. Sementara banyak orang menempatkan Fibonacci pada tingkat yang sama seperti astrologi atau membaca daun teh, metode ini memiliki dasar yang kuat dalam matematika dan dikenal secara luas karena kekuatannya dalam menemukan proporsi di dalam alam. Kualitas ini diterjemahkan dengan baik ke dalam studi tentang perilaku orang banyak, seperti pembelian dan penjualan emosional dari sekuritas.

100 Tahun Sejarah Emas [1915-2015]

1

Seperti yang dapat Anda lihat di grafik di atas, 100 tahun sejarah emas spot menunjukkan pergerakan yang kecil sampai tahun 1970an, ketika emas melambung saat tren naik yang kuat. Pergerakan tersebut didukung oleh kenaikan inflasi yang dipicu saat harga minyak mentah meroket akibat embargo minyak Arab. Harga emas mencapai puncaknya dan mendekati $700 per troy ounce pada akhir tahun 70an. Saat itulah kebijakan moneter ketat dirumuskan oleh Gubernur Federal Reserve Paul Volcker untuk mulai menurunkan suku bunga yang sangat tinggi.

Tren turun selanjutnya berlanjut sampai akhir 1990-an ketika emas mencapai titik terendah dan memasuki tren kenaikan historis yang memuncak pada 2011, tertinggi sepanjang masa. Pergerakan harga sejak saat itu menunjukkan penurunan yang stabil, turun lebih dari $700 per troy ounce dalam 4 tahun. Kenaikan yang singkat dan peregangan yang pendek dalam tren turun yang brutal ini telah masuk ke dalam gelombang bottom calls, namun tren turun masih terlihat dan terus berlanjut.

Analisa Fibonacci

Analisa fibonacci dari grafik futures emas menawarkan wawasan besar tentang pergerakan harga dalam beberapa dekade terakhir dan dapat membantu memprediksi tingkat bunga di masa depan juga. Ini memiliki nilai yang besar karena salah satu dari level ini pada akhirnya dapat mengakhiri tren turun dan mendukung uptrend yang menguji level tertinggi sepanjang masa. Pengecekan ini juga membantu pelaku pasar dalam menemukan peluang trading jangka pendek yang berevolusi dalam tren skala makro.

Studi fibonacci dapat dibagi menjadi dua bagian: retracements and extensions. Analisa retracement menempatkan grid di seluruh tren, serta himpunan bagian yang lebih kecil dalam tren, untuk mengidentifikasi tingkat harmonis pada 38%, 50% dan 62% di mana pasar yang naik atau turun cenderung macet atau sebaliknya. Analisa extension memproyeksikan tingkat harmonis di atas atau di bawah tren, menunjukkan target harga atau keuntungan (reward) dimana pembalikan kemungkinan akan mulai dimainkan. Beberapa tingkat ekspansi tren biasa adalah 150%, 162% dan 262%.

Emas Berjangka Bulanan 1997-2015

2

Grid Fibonacci membentang di uptrend multi tahunan yang menunjukkan tingkat harmonik kunci pada tiga titik, ditunjukkan merah pada grafik di atas. Titik 1 adalah 1280 (38% – 1), titik 2 di 1082 (50% – 2) dan titik 3 pada 888 (62% – 3). Downtrend dari harga puncak 2011 mencapai retracement 38% pada bulan Juni 2013 (lihat baris A pada grafik di atas). Sementara penurunan berlanjut untuk satu bulan lagi, instrumen tersebut akhirnya naik ke kisaran perdagangan yang membagi tingkat retracement selama lebih dari setahun. Tren akan sering melampaui tingkat dan kemudian mendekati batas-batasnya setelah volatilitas mereda, jadi ini adalah pergerakan yang normal. Emas berjangka keluar dari kisaran perdagangannya pada bulan Oktober 2014 dan bergerak lebih rendah, mencapai retracement 62% pada bulan Juli 2015 (lihat baris B pada grafik di atas), dan kemudian kembali naik.

Emas Berjangka Bulanan 2006 – 2015

3

Uptrend jangka panjang hanya menunjukkan satu koreksi besar, yang terjadi antara 2007 dan 2009. Hal ini berguna untuk analisis Fibonacci karena memungkinkan teknisi menempatkan grid sekunder di skala yang lebih kecil dan mencari interaksi dengan grid skala lebih besar. Tingkat harmonis yang sejajar cenderung menghasilkan support atau resistance yang lebih kuat daripada garis tunggal, membuat prediksi yang lebih dapat diandalkan.

Retracement 38% dari tren jangka panjang (lihat Baris 1 di chat di atas) berpotongan dengan retracement 50% dari tren jangka pendek (Baris 5 pada grafik di atas). Grid menunjukkan keselarasan antara retracement 50% dari tren jangka panjang (Garis 2) dan retracement 62% dari tren jangka pendek (Baris 6) namun tidak sekuat kombinasi 38% -50%. Namun, Anda bisa melihat bahwa emas berjangka pada awalnya mendapat support di retracement 62% (titik A di grafik di atas), terpental pada level tersebut selama 8 minggu sebelum turun dan turun ke retracement 50% (titik B pada grafik di atas) .

Emas Berjangka Mingguan 2009-2015

4

Bounce pada retracement jangka panjang 50% pada bulan Agustus 2015 berpotensi membawa kenaikan, karena lokasinya yang harmonis. Hal ini memungkinkan teknisi menggunakan Fibonacci untuk mengukur target harga potensial. Ini adalah proses yang sederhana ketika digunakan di antara retracements 38% dan 62% karena level tersebut juga menandai support dan resistance yang signifikan. Dalam kasus ini, rebounce ke retracement 38% terlihat seperti skenario realistis, dan memberikan target pada 1280.

Catatan Penting

Analisa fibonacci menunjukkan bahwa emas berjangka mencapai retracement 50% dari tren uptrend 1999 sampai 2011 di tengah 2015. Tingkat ini memberikan support harmonis yang kuat, yang mengindikasikan bahwa logam kuning bisa naik lebih tinggi selama beberapa bulan ke depan. Namun, diperlukan waktu bertahun-tahun untuk membangun uptrend signifikan yang menantang level tertinggi sepanjang masa di atas tahun 1900.


Share
This entry was posted in Arikel emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*