Musim Dingin di AS Jadi Alasan Emas Bersinar

NEW YORK – Emas global beringsut lebih tinggi, setelah data sektor pekerjaan swasta di Amerika Serikat (AS) tidak bergairah. Namun, keuntungan sedikit terkoreksi karena Washington dan Moskow mengadakan pembicaraan untuk mengurangi ketegangan atas Ukraina.

Platinum naik ke harga tertinggi sejak awal September di tengah kekhawatiran merosotnya pasokan, setelah pembicaraan upah antara produsen platinum terbesar di dunia dan Asosiasi penambang dan Konstruksi Union (AMCU) Afrika Selatan .

Investor membeli emas setelah data menunjukkan sektor swasta AS hanya menambahkan sedikit pekerjaan, jauh dari yang diharapkan pada Februari dan Pertumbuhan sektor jasa mencapai titik terendah dalam empat tahun.

Cuaca buruk AS juga memberikan dampak pada harga konsumen dalam beberapa pekan terakhir, yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi lebih lambat atau kontraksi di beberapa daerah negara.

Kepala pedagang logam mulia Alliance Financial LLC, Frank McGhee, mengatakan jika musim dingin telah memukul pertumbuhan ekonomi dan ekuitas. Namun, telah memberikan dorongan pada emas.

“Begitu kita mulai mendapatkan tanda-tanda musim semi, kita akan melihat mesin-mesin penggerak ekonomi menderu kembali, dan akan menjadi bearish untuk emas,” kata McGhee seperti dilansir dari Reuters, Kamis (6/3/2014).

Spot emas naik USD3,04 atau 0,2 persen pada USD1.337,54 per troy ons. Sementara emas berjangka AS, Comex Gold, untuk pengiriman April ditutup naik USD2,40 atau 0,2 persen ke USD1.340,30 per troy ons.

Volume perdagangan kurang dari 100.000 lot, atau 30 persen dari rata-rata 30 hari perdagangan. Saat ini, investor masih menunggu data US nonfarm payrolls, yang memberikan investor kesempatan untuk mengukur kekuatan pemulihan ekonomi dan implikasi potensial pada pemangkasan stimulus the Fed. (Okezone)

(Dn)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.