Outlook Emas dan Perak Minggu Ini

Harga emas dan perak mengalami rally kembali pada minggu lalu tetapi kebanyakan terjadi pada permulaan minggu sebelum FOMC merilis pernyataannya yang dianggap oleh banyak orang seimbang. Minggu ini laporan NFP bisa menggerakkan harga emas dan perak. Tetapi ada juga berita dari Cina tentang PMI manufaktur – hal ini bisa memutar balik pembicaraan terhadap persoalan yang terjadi dalam ekonomi Cina. Dan sejauh tahun ini, tumbuhnya keprihatinan terhadap perlambatan ekonomi global – sebagian disebabkan karena arah dari ekonomi Cina – bisa mendorong naik, sekalipun hanya dalam jangka pendek, permintaan dari metal berharga. Laporan lainnya dari AS yang harus dipertimbangkan dalam minggu ini termasuk: PMI manufaktur dan non-manufaktur, order faktori, dan PCE inti.

Sebagaimana yang telah diperkirakan Federal Reserve tidak menaikkan tingkat bunga dan menyinggung volatilitas pasar, tingkat inflasi yang rendah dan kemungkinan pertumbuhan yang melambat di AS. Tetapi reaksi terhadap emas dan perak hanya sedikit, “underselling”. Mungkin investor bullion mengharapkan pernyataan yang lebih “dovish”

Setelah keputusan mengenai tingkat bunga, berdasarkan Fed-watch, kemungkinan untuk kenaikan tingkat bunga di bulan Maret turun ke 15%, di bulan Juni turun ke 33%. Sampai akhir tahun 2016, pasar masih memperkirakan tingkat bunga the Fed akan rata-rata 0.55% – kurang dari satu kenaikan tingkat bunga. Dan kemungkinan kenaikan turun dari 72% menjadi 53%. Jadi pasar kurang percaya akan adanya bahkan satu kenaikan di tahun 2016.

Event besar minggu ini adalah laporan NFP bulan Januari. Setelah tiga laporan solid yang menunjukkan kenaikan yang kuat di dalam lapangan pekerjaan, pengangguran yang stabil dan kenaikan di dalam upah, semua mata akan memandang apakah laporan NFP mulai menunjukkan pertumbuhan yang melambat atau kemungkinan terjadinya pembalikan arah dari kenaikan pekerjaan selama ini – tingkat pertumbuhan GDP yang rendah dan laporan belanja konsumen yang mengecewakan kemungkinan sudah mulai terlihat di laporan pekerjaan. Jika benar demikian, hal ini bisa melanjutkan kemungkinan untuk tidak menaikkan tingkat bunga oleh the Fed pada tahun ini – dorongan yang lain dalam jangka pendek terhadap harga metal berharga.

Sampai akhir dari minggu lalu, pemegang emas ETF SPDR Gold Trust (GLD) bertambah lagi sebesar 0.76% per minggu, menjadi 669.23 ton emas – naik 4.2% sejak permulaan tahun. Pemegang perak ETF SLV turun 0.7% menjadi 309.5 juta ons.

Ringkasnya, metal berharga mengalami rally pada minggu lalu, tetapi pemulihannya melambat pada beberapa hari belakangan. The Fed, sebagaimana yang diperkirakan, merasa prihatin dengan kesuraman ekonomi global dan inflasi yang rendah, yang akan tetap rendah selama beberapa waktu lamanya. Pernyataan ini tidak cukup untuk mempertahankan naik harga emas dan perak karena tidak terlalu “dovish” atau tidak sesuai dengan yang diperkirakan. Namun, kalau minggu ini laporan NFP menunjukkan hasil yang lebih rendah dari yang diperkirakan dan sentimen pasar yang bearish, yang telah mulai mereda pada beberapa hari belakangan ini, kembali lagi – kebanyakan jika persoalan ekonomi Cina kembali menjadi pusat perhatian – maka harga metal berharga bisa mengalami kenaikan jangka pendek. (vibiznews.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.