Pagi Ini Emas Dunia Turun, Antam Tetap Stabil

BANJARMASINPOST.CO.ID – Harga emas global jatuh pada perdagangan Asia pada Senin (23/11/2015) pagi, dengan sedikit data regional dan investor dengan kuat terpusat pada kenaikan tingkat suku bunga oleh Federal Reserve pada bulan depan.

Divisi New York Merchantile Exchange seperti dilansir SeputarForex, spot emas untuk pengiriman Desember turun 0.20% ke level $1,074.80 troy ons, pelaku pasar berfokus kepada data ekonomi AS pada hari Rabu mendatang, untuk lebih lanjut melihat indikasi pada kekuatan ekonomi dan kemungkinan kenaikan suku bunga di bulan Desember.

Pada hari ini, pasar di Jepang ditutup untuk liburan Labor Thaksgiving Day.

Dari Zona Euro akan melepas data survei manufaktur dan aktivitas sektor jasa. Jerman dan Perancis juga akan merilis sebuah laporan. Sedangkan AS akan melepaskan data sektor swasta di penjualan rumah yang sudah ada.

Pekan lalu, harga emas berakhir seminggu di tingkat terendah sejak Februari 2010 pada Jumat lalu, emas jatuh ke $1,062.00, tingkat yang tidak terlihat di hampir enam tahun, sebagai investor memangkas holdings logam mulia di tengah ekspektasi the Fed akan menaikkan harga untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade pada pertemuan pertengahan Desember.

Selama seminggu, harga logam mulia yang menurun $15,60 atau 0,41%, kerugian langsung mingguan kelima dan terpanjang mingguan sejak akhir Juli lalu.

Minute pertemuan Fed di bulan Oktober menunjukkan bahwa sebagian besar anggota Komite pasar terbuka Federal percaya kenaikan suku bunga bulan depan akan lebih tepat, seperti komentar terbaru oleh pejabat Fed, termasuk Janet Yellen, telah memperkuat harapan bank sentral AS akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun nanti di 15-16 Desember.

Sementaram dikutip dari antamgold, harga jual emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada perdagangan hari ini masih bertahan di level Rp 549.000/gram. Namun, beli kembali (buyback) turun Rp 4.000/gram.

Dilansir dari situs Logammulia, Senin (23/11/2015), harga jual emas Antam masih tetap pada Rp 549.000/gram dan buyback emas Antam menjadi Rp 475.000/gram, dari sebelumnya sebesar Rp 479.000/gram. (Sumber: Tribunnews)

(Pr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.