Panduan Logam Mulia untuk Newbie

Sejak awal waktu, emas dan perak telah diakui sebagai barang berharga. Dan bahkan hari ini, logam mulia memiliki tempat dalam portofolio investor yang cerdas. Tapi, logam mulia mana yang terbaik untuk tujuan investasi? Dan mengapa mereka begitu mudah berubah? Jika Anda baru memulai dengan logam mulia, baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana logam mulia bekerja dan bagaimana Anda bisa berinvestasi di logam mulia. Ada banyak cara untuk membeli logam mulia seperti emas, perak dan platinum dan sejumlah alasan bagus mengapa Anda harus ikut pada perburuan harta karun ini.

Semua yang Berkilau Adalah Emas

Kita akan mulai dengan grand-daddy dari logam mulia: emas. Emas memiliki daya tahan yang unik (tidak akan berkarat atau korosi), lentur dan memiliki kemampuan untuk menyalurkan panas dan listrik. Emas memiliki beberapa aplikasi industri dalam kedokteran gigi dan elektronik. Namun, emas pada dasarnya adalah sebagai dasar perhiasan dan sebagai bentuk mata uang.

gold

Nilai emas ditentukan oleh pasar 24 jam sehari, hampir tujuh hari dalam seminggu. Perdagangan emas terutama sebagai fungsi sentimen; harganya kurang terpengaruh oleh hukum penawaran dan permintaan. Hal ini karena pasokan tambang baru lebih banyak dari jumlah emas yang telah ditambang, emas ditimbun. Sederhananya, ketika para penimbun merasa ingin menjual, maka harganya akan turun. Dan bila mereka ingin membeli, maka pasokan baru cepat terjual dan harga emas menjadi lebih tinggi.

Beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya keinginan untuk menimbun logam kuning:

  1. Masalah Keuangan Sistemik: Bila bank dan uang dianggap tidak stabil dan/atau stabilitas politik yang dipertanyakan, emas sering dicari sebagai tempat untuk menyimpan nilai yang aman.
  2. Inflasi: Ketika tingkat pengembalian riil di pasar ekuitas, obligasi atau pasar real estat negatif, orang secara teratur berduyun-duyun ke emas sebagai aset yang akan mempertahankan nilainya.
  3. Perang atau Krisis Politik: Perang dan pergolakan politik selalu membuat orang beralih ke mode penimbunan emas. Tabungan seumur hidup bisa dijadikan barang portabel dan disimpan sampai perlu diperdagangkan untuk bahan makanan, tempat tinggal atau perjalanan yang aman ke tempat yang kurang berbahaya.

Peluru Perak

silver

Tidak seperti emas, harga perak bergejolak antara perannya yang dianggap sebagai pelindung nilai dan perannya yang sangat nyata sebagai logam industri. Untuk alasan ini, fluktuasi harga di pasar perak lebih fluktuatif daripada emas.

Jadi, sementara perak akan diperdagangkan sesuai dengan emas sebagai barang yang akan ditimbun (permintaan investasi), persamaan permintaan/penawaran industri untuk logam memberikan pengaruh yang sama kuat terhadap harga. Persamaan itu selalu berfluktuasi dengan inovasi baru, termasuk:

  1. Peran perak yang dulu dominan dalam industri fotografi (film fotografi berbasis perak), telah terhalang oleh kemunculan kamera digital.
  2. Banyaknya muncul kelas menengah di pasar ekonomi negara berkembang di Timur, yang menciptakan permintaan eksplosif untuk peralatan listrik, produk medis dan barang industri lainnya yang memerlukan input perak. Dari bantalan ke sambungan listrik, properti perak menjadikannya komoditas yang diinginkan.
  3. Penggunaan Silver di baterai, aplikasi superkonduktor dan pasar microcircuit.

Tidak jelas apakah (atau sampai sejauh mana) perkembangan ini akan mempengaruhi permintaan noninvestment secara keseluruhan untuk perak. Satu fakta tetap; harga perak dipengaruhi oleh aplikasinya dan tidak hanya digunakan dalam mode atau sebagai pelindung nilai.

Platinum Bombshell

Seperti emas dan perak, platinum diperdagangkan sepanjang waktu di pasar komoditas global.

platinum

Platinum cenderung untuk mengambil harga yang lebih tinggi daripada emas selama periode rutin pasar dan stabilitas politik, hanya karena platinum jauh lebih langka; jauh lebih sedikit logam yang dihasilkan setiap tahunnya. Faktor lain yang menentukan harga platinum antara lain:

  1. Seperti perak, platinum dianggap sebagai logam industri. Permintaan terbesar untuk platinum berasal dari katalis otomotif, yang digunakan untuk mengurangi bahaya emisi. Setelah otomotif, perhiasan menyumbang sebagian besar permintaan platinum. Katalis penyulingan minyak dan kimia dan industri komputer juga membutuhkan platinum.
  2. Karena ketergantungan industri otomotif pada logam, harga platinum ditentukan sebagian besar oleh penjualan mobil dan jumlah produksi. Undang-undang “Udara Bersih” dapat meminta pembuat mobil memasang konverter katalitik yang lebih banyak, sehingga meningkatkan permintaan. Pada tahun 2009, pembuat mobil Amerika dan Jepang mulai beralih ke katalis otomatis daur ulang atau menggunakan saudara platinum yang dapat diandalkan (dan biasanya lebih murah), paladium.
  3. Tambang platinum sangat terkonsentrasi di dua negara: Afrika Selatan dan Rusia. Hal ini menciptakan potensi yang lebih besar untuk terbentuknya semacam kartel, atau bahkan menaikkan harga platinum secara artifisial.

Investor harus mempertimbangkan bahwa semua faktor di atas berfungsi untuk membuat platinum menjadi logam yang paling tidak stabil dari kelompok logam mulia.

Mengisi Peti Harta Karun Anda

treasure chest

Mari kita lihat pilihan yang tersedia bagi mereka yang ingin berinvestasi di logam mulia.

  1. Komoditas ETF: Exchange traded funds (ETF) tersedia untuk ketiga logam mulia tersebut di atas. ETF mudah digunakan atau nyaman dan likuid untuk membeli dan menjual emas, perak atau platinum.
  2. Saham Biasa dan Reksadana: Saham-saham penambang logam berharga menggunakan leverage untuk pergerakan harga pada logam mulia. Jika Anda tidak menyadari bagaimana saham pertambangan dihargai, mungkin lebih bijak jika mengajukan investasi dengan fund manager dengan catatan kinerja yang bagus.
  3. Berjangka dan Option: Pasar berjangka dan option menawarkan likuiditas dan leverage kepada investor yang ingin membuat taruhan besar pada logam. Keuntungan potensial terbesar – dan kerugian – dapat dimiliki dengan produk turunan.
  4. Bullion atau fisik: Koin dan bar hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki tempat untuk menyimpannya. Tentu, bagi mereka yang mengharapkan yang terburuk, bullion adalah satu-satunya pilihan, tapi bagi investor dengan horison waktu, bullion tidak likuid dan benar-benar menyusahkan untuk disimpan.
  5. Sertifikat: Sertifikat menawarkan kepada investor semua manfaat kepemilikan emas secara fisik dikurangi dengan kerumitan transportasi dan penyimpanan. Konon, jika Anda mencari asuransi dalam bencana yang nyata, sertifikat hanyalah kertas. Jangan mengharapkan orang untuk menukarkan sertifikatnya untuk sesuatu yang berharga.

Apakah Logam Mulia akan Bersinar untuk Anda?

Logam mulia menawarkan perlindungan inflasi yang unik – logam mulia memiliki nilai intrinsik, logam mulia tidak memiliki resiko kredit dan logam mulia tidak dapat digelembungkan (Anda tidak dapat mencetak/membuat lebih banyak logam mulia). Logam mulia juga menawarkan “asuransi bergejolak”, melawan gejolak keuangan atau gejolak politik/militer.

Dari sudut pandang teori investasi, logam mulia juga memberikan korelasi rendah atau negatif terhadap kelas aset lainnya, seperti saham dan obligasi. Ini berarti bahwa bahkan sebagian kecil logam mulia dalam portofolio akan mengurangi volatilitas dan resiko.

Catatan Penting

Logam mulia memberikan sarana yang berguna dan efektif untuk mendiversifikasi portofolio. Trik untuk mencapai kesuksesan dengan logam mulia adalah untuk mengetahui tujuan dan profil resiko Anda sebelum melompat masuk ke area logam mulia. Volatilitas logam mulia dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan kekayaan – namun tidak terkendali, namun juga dapat menyebabkan kehancuran.


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.