Pasar Emas dan Perak Oversold karena Bouncing

Harga emas turun moderat dan harga perak hampir stabil di perdagangan midday AS hari Selasa. Logam mulia safe haven mencoba menstabilkan harga setelah downdraft baru-baru ini yang menghasilkan beberapa kerusakan teknis jangka pendek. Emas mencapai level terendah selama lima minggu pada hari Senin, sementara perak mencapai level terendah selama sembilan minggu. Sekarang, baik pasar emas dan perak secara teknis oversold di jangka pendek dan jatuh tempo untuk koreksi pada hari Rabu. Emas berjangka April terakhir turun $ 3,40 per ons pada $ 1.284,10. Perak Comex Mei bertahan stabil di $ 15,11 per ounce.

Risk appetite pedagang dan investor yang optimis dalam beberapa pekan terakhir membuat pembeli emas dan perak langka. Selama pasar saham dunia tetap berada dalam tren kenaikan harga jangka pendek, akan sulit bagi pasar emas dan perak untuk mempertahankan rally. Namun, ada beberapa petunjuk teknis awal bahwa indeks saham AS mungkin melihat tren kenaikan harga mereka mulai “berguling.” Aksi harga sisa minggu ini akan menjadi sangat penting bagi indeks saham AS, dan pada bullish emas dan perak.

Dalam berita semalam, purchasing managers’ index (PMI) China tidak resmi untuk Februari berada di level terendah sejak Oktober. China juga pada hari Selasa menurunkan proyeksi pertumbuhan produk domestik bruto untuk tahun ini. National People’s Congress menurunkan estimasi pertumbuhan PDB 2019-nya pada 6,0% menjadi 6,5%, dari 6,5%. Para pejabat ekonomi China juga berjanji untuk terus mendukung sektor manufaktur dan bisnis-bisnis baru, termasuk pengeluaran defisit baru dan pemotongan pajak. Perang perdagangan dengan AS tahun lalu telah melemahkan ekonomi China, yang pada gilirannya membuat kepemimpinan China ingin mengakhiri perang dagangnya dengan AS. Pertemuan tahunan National People’s Congress di China berlangsung minggu ini. Ekonomi Tiongkok yang melambat dapat dibaca sebagai bearish untuk emas, karena permintaan konsumen untuk logam kemungkinan telah menurun. Warga Cina adalah konsumen emas utama.

Beralihnya perhatian pasar akhir pekan ini, ketika pertemuan kebijakan moneter reguler Bank Sentral Eropa terjadi pada hari Kamis. ECB diperkirakan akan mengendurkan dompetnya dan memberikan lebih banyak pembiayaan berbunga rendah kepada bank-bank zona euro untuk merangsang ekonomi zona euro yang lemah.

Laporan pekerjaan Maret AS dari Departemen Tenaga Kerja akan keluar pada hari Jumat pagi. Itu bisa dibilang titik data ekonomi AS yang paling penting di bulan ini. Angka non-farm payrolls utama diperkirakan akan mencapai 180.000.

Pasar luar utama hari ini melihat indeks dolar AS menguat. Bullish greenback mendapatkan kembali kekuatan teknisnya baru-baru ini, dan itu juga kekuatan “pasar luar” negatif yang bekerja melawan pasar logam mulia. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex sedikit naik dan diperdagangkan di sekitar $ 56,50 per barel.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.