Pekerja AS Minim, Emas Global Kembali Bersinar

SINGAPURA – Emas global melompat ke keuntungan satu hari terbesar dalam lebih dari tiga minggu. Kekhawatiran investor tentang kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) lebih cepat, mereda ketika laporannonfarm payrolls gagal memenuhi pasar harapan.

Melansir Reuters, Senin (7/4/2014), emas jenis Spot naik USD1,04 atau 0,1 persen menjadi USD1.303,16 per troy ons, setelah naik 1,2 persen akhir pekan kemarin, dan menjadi persentase kenaikan terbesar sejak 12 Maret. Logam ini tidak terlalu jauh dari level tertinggi satu mingguan USD1.306,50 per troy ons.

Sementara emas berjangka AS, Comex Gold, bergerak stagnan di USD1.303,8 per troy ons. Data pada hari Jumat menunjukkan bahwa datanonfarm payrolls AS meningkat dengan 192.000 pekerjaan bulan lalu, lebih dari perkiraan ekonom 200.000.

SPDR Gold Trust, perdagangan emas terbesar di dunia yang didukung dana yang diperdagangkan di bursa, mengatakan kepemilikan sahamnya jatuh 1,80 ton menjadi 809,18 ton.

Hedge fund dan manajer uang memangkas taruhan bullish mereka dalam emas berjangka, dan opsi selama seminggu berturut-turut. Data dari Commodity Futures Trading Commission menunjukkan ketegangan geopolitik dan data ekonomi AS yang kuat, telah memicu penjualan emas.

Bank sentral Irak mengatakan, cadangan emasnya telah mencapai 90 ton, setelah membeli 60 ton selama dua masa lalu bulan untuk mendukung nilai dinar Irak.

(okezoneeconomy.com) (dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.