Pemangkasan Stimulus Buat Harga Emas Global Turun 1% – okezone.com

NEW YORK – Harga emas global turun sekitar 1 persen pada perdagangan yang cukup volatile. Pelemahan emas terjadi setelah Bank Sentral Amerika Serikat (AS) the Federal Reserve, mengumumkan rencana untuk memangkas pembelian stimulus obligasi.

Secara mengejutkan, the Fed memutuskan untuk memangkas stimulus pembelian aset bulanan sebesar USD10 miliar. Artinya, the Fed hanya mengucurkan stimulus sebesar USD75 miliar per bulannya.

Meski demikian, Bank Sentral AS tersebut mengatakan tetap mempertahankan suku bunga acuannya mendekati nol. Suku bunga acuan akan tetap ditahan, sampai tingkat pengangguran turun di bawah 6,5 persen. Logam jatuh di akhir perdagnagan karena dolar memperpanjang rally dan indeks saham naik hampir 2 persen.

“Sejauh ini tidak ada inflasi terlihat. Pada akhirnya nanti, Anda akan memiliki dolar AS yang lebih kuat, ketika Anda takut keluar dari pasar keuangan,” kata kepala Dealer Chicago broker Commodity Alliance LLC, Frank McGhee, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (19/12/2013).

Emas jenis Spot turun USD10,39 menjadi USD1.219,21 per troy ons, hanya USD4 di atas level terendah lima bulanan sebesar USD1.211,44 per troy ons. Sedangkan emas berjangka AS, untuk pengiriman Februari, ditutup naik USD4,90 ke USD1.235 per troy ons. (okezone.com)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.