Pengaruh Brexit terhadap Harga Emas: Rally di Emas?

Jajak pendapat yang akan dilakukan warga Inggris minggu depan untuk memilih keluar dari Uni Eropa atau tidak dijadikan spekulasi bagi trader emas yaitu bahwa logam mulia akan menjadi jauh lebih berharga (naik).

Harga akan rally ke level tertinggi dalam dua tahun terakhir  jika kampanye Brexit berhasil ,yaitu tepatnya pada 23 Juni. Harga bisa mencapai $ 1.350 per ounce dalam waktu seminggu saat minggu pemilihan tersebut (minggu depan) – hal ini bearti naik sekitar 5 persen di atas level saat ini. Dan jika mayoritas warga Inggris memilih untuk tetap berada di blok Uni Eropa, harga emas mungkin geser 2,8 persen menjadi $ 1,250.

Kenaikan harga emas selama dua minggu terakhir sudah mencerminkan antusiasme peningkatan yang  akan memacu permintaan aset haven. Selain itu, hal ini juga berpengaruh terhadap kenaikan risiko pasar yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar di Inggris.

“Jika suara Inggris memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa, makan akan ada kelanjutan tentang ketidakpastian bagaimana dan kapan Inggris akan keluar dari Eropa. Hal ini akan membuat harga emas semakin tinggi,’ Ross Norman.

Emas dalam mata uang dolar menguat 5,7 persen bulan ini dan aset dana yang diperdagangkan di bursa mencapai nilai tertinggi sejak 2013.

Debate akan Brexit, ditambah dengan Kampanye Presiden AS dalam situasi dollar yang lemah dan bunga negative di Jepang dan Eropa menjadi salah satu penyebab rally emas terbesar selama satu decade terakhir. Setelah turun selama bertahun-tahun, harga emas sudah mengalami kenaikan sebesar 20% di 2016.

Meskipun Inggris memilih untuk tetap di blok Uni Eropa, masih akan ada banyak alasan untuk emas tetap naik , David Govett.

Jika Brexit menyebabkan pasar keuangan memburuk secara global dan menciptakan kepanikan, emas justru akan naik setinggi $ 1.600, Jeffrey Rhodes, CEO dari Zee Emas DMCC. Emas akan turun ke $ 1.100 jika Warga inggris memilih untuk tetap di Uni Eropa, katanya,selain itu juga didukung dengan adanya kenaikan “permintaan fisik ” emas dari India dan China  yang mungkin akan menstabilkan pasar.

(tr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.