Penguatan Dollar AS Menenggelamkan Harga Emas

Harga emas turun 2 persen pada penutupan perdagangan Jumat dinihari (18/12). Ini merupakan penurunan terbesar dalam lima bulan dengan menguatnya dolar setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga AS untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade dan mengisyaratkan akan ada peningkatan lanjutan di tahun 2016.

Seperti diberitakan, Bank sentral AS menaikkan kisaran suku bunga acuan sebesar seperempat persentase poin seperti yang diharapkan, pada hari Rabu.

Langkah The Fed awalnya membuat dolar sedikit lebih rendah dan harga emas menguat. Namun pada Kamis, dollar naik ke tertinggi dua minggu terhadap sekeranjang mata uang utama pada pandangan bahwa langkah bank sentral akan membuat aset AS lebih menarik.

Mata uang AS yang kuat membuat emas lebih mahal bagi pemegang asing.

Harga emas spot emas tenggelam sebanyak 2,4 persen dari posisi di sesi terendah 1,047.25 dollar per tory ons, hanya $ 1,40 di atas posisi mendekati titik terendah enam tahun awal bulan ini. Harga emas terakhir turun 1,9 persen pada $ 1,051.80.

Sedangkan harga emas berjangka AS Februari turun 2,5 persen pada 1,049.60 dollar per troy ons.

Emas telah merosot 11 persen tahun ini, sebagian besar karena ketidakpastian sekitar waktu kenaikan suku bunga AS.

Masalah lebih lanjut untuk emas bisa datang dari kelemahan berlanjut di komoditas lainnya, terutama minyak, yang jatuh 5 persen pada Rabu di tengah kekhawatiran kelebihan pasokan dan terus berkurang pada hari Kamis, sebagian besar pada kekuatan dolar.

Sementara itu harga logam lainnya juga terpukul karena penguatan dollar. Harga Paladium turun sebanyak 3,6 persen ke sesi rendah $ 548,25 per ons, sementara harga Perak turun 3,1 persen menjadi $ 13,63 per ons. HargaPlatinum turun 4,1 persen dari sesi rendah pada  $ 837 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas masih berpotensi melemah dengan kenaikan suku bunga AS , yang akan semakin meningkatkan dollar AS. Diperkirakan harga emas akan mencoba menembus level Support 1045-1043, dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance 1049-1051. (vibiznews.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.