Perdagangan Kontrak Berjangka Emas dan Perak

Jika Anda mencari pelindung nilai terhadap inflasi, permainan spekulatif, kelas investasi alternatif atau pelindung nilai komersial, kontrak berjangka emas dan perak mungkin adalah yang Anda perlukan. Pada artikel ini, kita akan membahas dasar-dasar kontrak berjangka emas dan perak dan bagaimana perdagangannya. Penting: Perdagangan di pasar ini melibatkan risiko substansial, dan investor bisa kehilangan lebih dari yang mereka investasikan awalnya.

Apa Itu Kontrak Berjangka Logam Berharga?

Kontrak berjangka logam berharga adalah perjanjian yang mengikat secara hukum untuk pengiriman emas atau perak ke masa depan dengan harga yang disepakati. Kontrak tersebut distandarisasi dengan pertukaran berjangka mengenai kuantitas, kualitas, waktu dan tempat pengiriman. Hanya harganya yang bervariasi.

Hedgers menggunakan kontrak ini sebagai cara untuk mengelola risiko harga mereka pada pembelian atau penjualan logam fisik yang diharapkan. Mereka juga memberi spekulan kesempatan untuk berpartisipasi di pasar tanpa dukungan fisik.

Ada dua posisi berbeda yang dapat diambil: posisi buy (long) adalah kewajiban untuk menerima pengiriman logam fisik, sementara posisi sell (short) adalah kewajiban untuk melakukan pengiriman. Kontrak berjangka yang besar biasanya dilakukan offset (pengganti kerugian) sebelum tanggal pengiriman. Misalnya, ini terjadi ketika seorang investor dengan posisi buy memulai posisi short dalam kontrak yang sama, sehingga secara efektif mengeliminasi posisi buy yang asli.

Keuntungan Kontrak Berjangka

Karena mereka melakukan perdagangan di bursa sentral, perdagangan kontrak berjangka menawarkan lebih banyak leverage keuangan, fleksibilitas dan integritas finansial daripada memperdagangkan komoditas itu sendiri.

Leverage keuangan adalah kemampuan untuk berdagang dan mengelola produk dengan nilai pasar yang tinggi dengan seperseratus dari total nilai. Perdagangan kontrak berjangka dilakukan dengan margin. Hal ini membutuhkan modal yang jauh lebih sedikit daripada pasar fisik. Leverage memberikan spekulan resiko yang lebih tinggi/pengembalian investasi yang lebih tinggi.

Misalnya, satu kontrak berjangka untuk emas memiliki 100 troy ounces, atau satu bata emas. Nilai dolar dari kontrak ini adalah 100 kali harga pasar untuk satu ons emas. Jika pasar diperdagangkan pada $600 per ounce, nilai kontraknya adalah $60.000 ($600 x 100 ounces). Berdasarkan peraturan bursa, margin yang dibutuhkan untuk mengendalikan satu kontrak hanya $4.050. Jadi seharga $4.050, seseorang bisa menguasai emas seharga $60.000. Sebagai investor, ini memberi Anda kemampuan untuk memanfaatkan $1 untuk mengendalikan sekitar $15.

Di pasar berjangka, mudah untuk memulai posisi sell sebagai posisi buy, memberi pedagang fleksibilitas yang besar. Fleksibilitas ini menyediakan pelindung nilai dengan kemampuan untuk melindungi posisi fisik mereka dan bagi spekulan untuk mengambil posisi berdasarkan ekspektasi pasar.

Spesifikasi Kontrak Berjangka

Ada beberapa kontrak emas berbeda yang diperdagangkan di bursa AS: Satu di COMEX dan dua di eCBOT. Ada kontrak 100-troy-ons yang diperdagangkan di kedua bursa dan kontrak mini (33,2 troy ounces) hanya diperdagangkan di eCBOT.

Perak juga memiliki dua kontrak perdagangan di eCBOT dan satu di COMEX. Kontrak “besar” adalah 5.000 ounce, yang diperdagangkan di kedua bursa, sementara eCBOT memiliki mini untuk 1.000 ons.

Emas Berjangka

Emas diperdagangkan dalam dolar dan sen per ons. Misalnya, saat emas diperdagangkan pada $600 per ounce, kontraknya memiliki nilai $60.000 (600 x 100 ounces). Seorang trader yang memiliki posisi buy 600 dan sell pada 610 akan menghasilkan $1.000 (610-600 = $10 profit, 10 x 100 ounces = $1.000). Sebaliknya, trader dengan posisi buy di 600 dan sell di 590 akan kehilangan $1.000.

Pergerakan harga minimum atau ukuran tick adalah 10 sen. Pasar mungkin memiliki jangkauan yang luas, namun harus bergerak selambat-lambatnya 10 sen.

Baik eCBOT dan COMEX menentukan pengiriman ke area New York. Area ini dapat berubah oleh pertukaran.

Bulan dengan perdagangan paling aktif (menurut volume dan minat terbuka) adalah bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember.

Untuk menjaga pasar yang tertib, bursa akan menentukan batas posisi. Batas posisi adalah jumlah maksimum kontrak yang dapat dipegang oleh satu pedagang. Ada batasan posisi yang berbeda untuk hedger dan spekulan.

Perak Berjangka

Perak diperdagangkan dalam dolar dan sen per ons seperti emas. Misalnya, jika perak diperdagangkan pada $10 per ounce, kontrak “besar” memiliki nilai $50.000 (5.000 ounce x $10 per ounce), sedangkan mini akan menjadi $10.000 (1.000 ounces x $10 per ounce).

Ukuran tick adalah $0.001 per ounce, yang setara dengan $5 per kontrak besar dan $1 untuk kontrak mini. Pasar mungkin tidak melakukan perdagangan dalam kenaikan yang lebih kecil, namun bisa diperdagangkan dengan kelipatan yang lebih besar, seperti sen.

Seperti emas, persyaratan pengiriman untuk kedua bursa menentukan area di wilayah New York.

Bulan yang paling aktif untuk pengiriman (menurut volume dan kepentingan terbuka) adalah bulan Maret, Mei, Juli, September dan Desember.

Perak, seperti emas, juga memiliki batasan posisi yang ditetapkan oleh bursa.

Hedgers dan Spekulan di Pasar Berjangka

Fungsi utama dari setiap pasar berjangka adalah menyediakan pasar terpusat bagi mereka yang memiliki minat untuk membeli atau menjual komoditas fisik pada suatu waktu di masa depan. Pasar berjangka logam membantu hedger mengurangi resiko yang terkait dengan pergerakan harga yang merugikan di pasar uang. Contoh pelindung nilai meliputi simpanan di bank, tambang, pabrikan dan perhiasan.

Hedgers mengambil posisi di pasar yang kebalikan dari posisi fisik mereka. Karena adanya korelasi harga antara pasar berjangka dengan pasar spot, kenaikan di satu pasar bisa mengimbangi kerugian di sisi lain. Misalnya, tukang perhiasan yang takut akan membayar harga emas dan perak yang lebih tinggi maka akan membeli kontrak untuk mengunci harga yang dijamin. Jika harga pasar untuk emas/perak naik, dia harus membayar harga emas/perak yang lebih tinggi. Namun, karena perhiasan itu mengambil posisi buy di pasar berjangka, dia bisa menghasilkan uang untuk kontrak berjangka, yang akan mengimbangi kenaikan biaya pembelian emas/perak. Jika harga tunai untuk emas/perak dan harga di pasar berjangka turun, hedger akan kehilangan posisi berjangkanya, tapi membayar lebih sedikit saat membeli emas/perak di pasar uang.

Tidak seperti hedger, spekulan tidak tertarik untuk melakukan pengiriman, namun mencoba untuk mendapatkan keuntungan dengan mengasumsikan resiko pasar. Spekulan mencakup investor individual, hedge fund atau penasihat perdagangan komoditas.

Spekulan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan bisa dipasarkan untuk periode waktu yang berbeda. Mereka yang sering masuk dan keluar pasar dalam sesi disebut scalper. Seorang trader harian memiliki posisi yang lebih lama daripada scalper, tapi biasanya tidak sampai semalaman. Pedagang posisi memiliki beberapa sesi. Semua spekulan perlu menyadari bahwa jika sebuah pasar bergerak ke arah yang berlawanan, posisi tersebut dapat mengakibatkan kerugian.

Kesimpulan

Jika Anda hedger ataupun spekulan, ingatlah bahwa perdagangan melibatkan resiko yang besar dan tidak sesuai untuk semua orang. Meskipun ada keuntungan signifikan bagi mereka yang terlibat dalam perdagangan berjangka pada emas dan perak, ingatlah bahwa perdagangan berjangka paling baik diserahkan kepada trader yang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk sukses di pasar ini.


Share
This entry was posted in Arikel emas. Bookmark the permalink.