Perundingan Utang Yunani Berimbas ke Harga Emas

CHICAGO – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun karena perundingan utang Yunani dilanjutkan menjelang batas waktu 30 Juni.

Seperti dilansir Xinhua, Jumat (26/6/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 1,1 dolar AS, atau 0,09 persen, menjadi menetap di 1.171,80 dolar AS per ounce.Ini adalah penurunan emas sesi kelima berturut-turut sejak Jumat lalu.

Para negosiator untuk Bank Sentral Eropa (ECB) dan pemerintah Yunani telah memulai putaran perundingan lagi pada Kamis, menstabilkan harga emas dari kejatuhan sebelumnya. Analis mengatakan bahwa Yunani berusaha untuk tetap di zona euro, meskipun dilanda krisis utang.

Batas waktu untuk kesepakatan adalah 30 Juni ketika Yunani harus melakukan pembayaran utang kepada Dana Moneter Internasional (IMF), tetapi analis mengatakan para perunding sedang berusaha untuk memiliki kesepakatan yang disiapkan untuk KTT para pemimpinan Uni Eropa di Brussel, Belgia, akhir pekan ini.

Perak untuk pengiriman Juli turun 4,5 sen, atau 0,28 persen, menjadi ditutup pada 15,808 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli menambahkan 10,3 dolar AS, atau 0,96 persen, menjadi ditutup pada 1.084,40 dolar AS per ounce. (Sumber: Okezone)

(Pr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.