Put Option Emas Sebagai Pelindung Nilai dari Volatilitas

gold

Secara historis, emas berjangka dan emas option dikembangkan sebagai alat pelindung nilai untuk produsen komersial dan pekerja emas: penambang, pembuat perhiasan, pemerintah dan mata uang kolektor dan bahkan di industri elektronik.

Saat ini, orang sering didorong untuk memiliki beberapa emas sebagai pelindung nilai terhadap inflasi atau untuk mendiversifikasi investasi mereka dengan aset keras. Dari semua logam mulia, emas adalah yang paling banyak dimiliki sebagai investasi dan memiliki sejarah bertingkat yang bagus sebagai komoditas maupun koin – satu unit akun. Seperti komoditas lainnya, nilai emas bisa berfluktuasi, terkadang emas juga mengalami gejolak harga yang besar. Daya pikat logam membuka peluang untuk perdagangan spekulatif, yang membuatnya menjadi holding yang cukup berisiko karena harganya merespons dengan cepat terhadap kejadian geopolitik dan makroekonomi. Salah satu cara untuk mengurangi volatilitas dari kepemilikan emas adalah dengan menggunakan put option sebagai salah satu bagian dari portofolio Anda. Put option emas juga berfungsi sebagai alternatif untuk mengambil posisi short (sell) di emas bullion (emas fisik), koin atau saham pertambangan.

Spesifikasi Put Option Emas

gold 2Put option adalah kontrak option yang memberikan hak kepada pemilik, namun bukan kewajiban, untuk menjual saham atau aset dengan jumlah tertentu pada harga tertentu dalam waktu yang telah ditentukan. Put option adalah kebalikan dari call option, yang memberikan hak kepada pemegang untuk membeli saham.

Put option akan menjadi lebih berharga karena harga aset dasar terdepresiasi relatif terhadap harga strike. Sebaliknya, put option akan kehilangan nilainya karena kenaikan harga aset dasar dan waktu kadaluarsanya sudah dekat.

Put option adalah turunan. Put option adalah kontrak yang memungkinkan pemilik barang untuk menjual aset dasar pada harga tertentu pada atau sebelum waktu yang ditentukan. Pemilik kontrak tidak berkewajiban untuk melakukannya, namun, jika harga aset dasar telah membuat penjualan tersebut rugi (loss). Dalam kasus option emas, aset dasar atau underlying asset adalah kontrak berjangka emas. Dua bursa utama dimana option emas diperdagangkan adalah COMEX (bagian dari CME Group) di New York dan Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) di Jepang.

comexOption emas COMEX di perdagangan Amerika Serikat menggunakan simbol OG. Option ini adalah option dengan “gaya Amerika/ American style”, yang berarti option dapat dilakukan oleh pemegang option kapanpun pada atau sebelum tanggal kadaluarsa. Aset dasarnya adalah kontrak berjangka emas COMEX per kontrak option (yang mewakili 100 oz emas).

Menurut peraturan kelompok CME, kontrak berjangka dapat ditukar untuk pengiriman fisik, dan emas yang dikirim berdasarkan kontrak ini “harus memenuhi minimal 995 kehalusan atau kualitas terbaik …. Kadaluarsa terjadi empat hari kerja sebelum akhir bulan sebelum bulan tocomkontrak option. Jika hari kadaluwarsa jatuh pada hari Jumat atau sesaat sebelum hari libur bursa, maka masa berlaku akan habis pada hari kerja sebelumnya. “Option emas TOCOM di Jepang juga menganut gaya Amerika (American style), dengan aset dasarnya adalah 1 kilogram emas fisik per kontrak dengan 99,99% kehalusan

Jika COMEX menawarkan perdagangan elektronik dan perdagangan terbuka, TOCOM adalah all-electronic platform.

Menggunakan Put Option di Emas

Tujuan yang dimaksudkan dari put option emas sejak awal, seperti kebanyakan kontrak derivatif lainnya, adalah sebagai alat pelindung nilai untuk pengguna komersial.

Misalnya, produsen emas (seperti tambang) beroperasi dengan margin keuntungan tertentu dan menaungi bisnis yang menghasilkan komoditas, tidak berspekulasi mengenai pergerakan harga atau tren. Untuk mempertahankan margin keuntungan yang ada, operasi penambangan tersebut perlu memiliki gagasan yang cukup bagus tentang berapa harga emas yang akan ada di masa depan saat bijih tambang dapat dijual di pasar.

Tentu saja, tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, namun dengan menggunakan harga saat ini merupakan titik awal yang baik. Jika perusahaan pertambangan tahu bahwa hal itu dapat mempertahankan margin keuntungannya sepanjang emas tidak turun lebih dari 10% pada akhir tahun, perusahaan pertambangan tersebut dapat membeli put option yang akan berakhir dalam waktu satu tahun dengan harga penutupan (penutupan) sampai 10% lebih rendah dari harga pasar saat ini. Ini akan memberi perusahaan pertambangan tersebut hak untuk menjual emas dengan harga tertentu di masa depan, bahkan jika harga pasar turun lebih dari itu, yang akan menjaga margin keuntungan perusahaan.

Sementara itu, jika harga emas meningkat, perusahaan pertambangan dapat memilih untuk tidak menggunakan option nya dan membiarkannya kadaluarsa, mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga komoditas tersebut. Tentu saja, put option memiliki harga (biasa disebut premium) dan biaya itu perlu dimasukkan dalam keputusan hedging perusahaan.

Seseorang juga dapat melakukan perlindung nilai atas investasi finansial di emas dengan menggunakan put option. Jika seseorang memiliki portofolio terdiversifikasi dengan baik yang mencakup sejumlah besar emas, mereka dapat mempertimbangkan untuk membeli put option proteksi untuk melindungi bagian alokasi aset mereka dari pergerakan ke bawah yang tak terduga (pergerakan yang merugikan). Investor mungkin memilih untuk membeli cukup banyak barang untuk melindungi seluruh posisi mereka atau hanya sebagian saja.

Catatan Penting

Seorang trader yang percaya bahwa harga emas akan turun dan ingin mendapatkan keuntungan dari posisi spekulatif, maka trader tersebut bisa langsung membeli secara langsung dan menjualnya untuk ditutup di kemudian hari. Put option menjadi lebih bernilai karena aset dasar (underlying asset) mengalami penurunan harga. Ini adalah strategi yang tepat karena tidak ada mekanisme bagus untuk menjual emas fisik, dan menjual emas berjangka dengan margin rendah bisa sangat berisiko jika harga naik dan margin call dikenakan. Saat membeli put, yang bisa hilang (rugi) adalah premi yang dibayarkan untuk option tersebut.


Share
This entry was posted in Arikel emas. Bookmark the permalink.