Respons Serangan Paris, Harga Emas Dunia Naik

CHICAGO, KOMPAS.com – emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Senin (16/11/2015) waktu setempat (Selasa pagi WIB).

Serangan teroris di Paris memicu investor untuk berpaling ke logam mulia sebagai aset safe haven.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik 2,7 dollar AS, atau 0,25 persen, menjadi 1.083,60 dollar AS per ounce.

emas naik tajam pada pembukaan pasar Senin karena investor secara cepat membeli logam mulia sebagai reaksi terhadap serangan teroris di Paris pada Jumat.

Para analis menyebut, jatuhnya pasar saham Eropa dan Jepang pada Senin,  merupakan sinyak bahwa pasar menilai serangan tersebut sangat serius.

Selain itu, sebuah laporan yang dirilis oleh Federal Reserve AS menunjukkan Empire State Index datang lebih buruk dari yang diperkirakan, memberikan dukungan tambahan untuk logam mulia. Indeks jatuh ke negatif 10,74 pada November.

Para analis mencatat bahwa pesanan tak terpenuhi berada di negatif 18,18, yang merupakan angka terendah tahun ini.

Meskipun naik tajam pada pembukaan pasar Senin, emas hanya mencetak kenaikan 0,25 persen. Para analis mengaitkan keterbatasan ini dengan potensi kenaikan suku bunga yang diperkirakan pada Desember.

Peningkatan suku bunga The Fed mendorong investor menjauh dari emas dan menuju aset-aset dengan imbal hasil, karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga.

Sementara itu, perak untuk pengiriman Desember naik 1,8 sen, atau 0,13 persen, menjadi  14,222 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari naik 1,8 dollar AS, atau 0,21 persen, menjadi ditutup pada 865,50 dollar AS per ounce. (bisniskeuangan.kompas.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.