Rusia Tambah Pasukan, Emas Melambung ke Level Tertinggi 6 Bulan

CHICAGO, KOMPAS.com –Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup pada tingkat tertinggi sejak 9 September 2013 pada Rabu (12/3/2014) waktu setempat (Kamis pagi WIB), karena kekhawatiran atas gejolak politik di Ukraina.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik 23,8 dollar AS atau 1,77 persen menjadi menetap di 1.370,5 dollar AS per ounce.

Beberapa faktor jangka panjang menaikkan permintaan emas saat ini, analis pasar mengatakan. Ketegangan di Ukraina dimana militer Rusia menambah pasukannya di dekat wilayah perbatasan, pelemahan mata uang di pasar negara berkembang, ketidakpastian seputar Suriah dan Iran, serta kekhawatiran atas perlambatan ekonomi di China semua telah mendorong daya tarik emas sebagai “safe-haven”.

Dengan semua latar belakang ini, pasar ekuitas global berada di zona merah pada Rabu. “Emas telah menemukan dukungan baru sekitar 1.300 dollar AS per ounce,” kata analis pasar.

Perak untuk pengiriman Mei naik 54,3 sen atau 2,61 persen menjadi ditutup pada 21,358 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 11,7 dollar AS atau 0,8 persen menjadi berakhir di 1.476,3 dollar AS per ounce. (sumber: kompas)

(pr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.