Saham AS Turun, Harga Emas Naik Menembus 1.100 Dollar AS

CHICAGO, KOMPAS.com – emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Senin (25/1/2016) waktu setempat (Selasa pagi WIB), dipicu oleh pelemahan di pasar saham AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari naik 9dollar AS, atau 0,82 persen, menjadi 1.105,30 dollar AS per ounce.

emas mendapat dukungan karena indeks Dow Jones Industrial Average AS turun, dipimpin oleh pelemahan di sektor energi karena harga minyak merosot kembali.

Para analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman.

Logam mulia mendapat dukungan lebih lanjut karena indeksdollar AS melemah. emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah.  Jika mata uang AS itu menguat maka emasberjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dollar ASmenjadi lebih mahal bagi investor.

Sementara perak untuk pengiriman Maret naik 19,7 sen, atau 1,40 persen, menjadi 14,254 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 29,9 dollar AS, atau 3,60 persen, menjadi 861,50 dollar AS per ounce. (bisniskeuangan.kompas.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.