Surplus Perak Tidak Selamanya, Harga Akan Naik Tahun Depan – Capital Economics

Tahun depan akan menjadi tahun perputaran untuk perak, dengan harga diperkirakan akan meningkat menjadi $ 17 per ounce pada akhir 2019 pada permintaan investor yang lebih tinggi dan akhir tak terduga dari pengetatan kebijakan moneter AS, menurut Capital Economics.

“Ke depannya, kami berpikir bahwa 2019 akan menandai perputaran harga perak,” ekonom ekonom senior Capital Economics Ross Strachan mengatakan pada hari Rabu. “Kami mengharapkan harga perak naik ke $ 17 per ons pada akhir 2019.”

Strachan menyoroti bahwa perak melihat surplus signifikan pertama sejak 2010 tahun ini, mengutip estimasi The Silver Institute yang disusun oleh tim GFMS di Refinitiv.

“Data … menunjukkan bahwa surplus di pasar perak akan mencapai level tertinggi selama delapan tahun dari 35 juta ons tahun ini, setelah pasar yang seimbang pada 2017,” katanya.

Tapi, surplus tahun ini adalah fenomena sementara, tambah Strachan, yang menyebutkan permintaan investor yang lemah, peningkatan produksi tambang, dan memperlambat permintaan fotovoltaik sebagai tiga alasan utama di balik surplus.

“Ini akan rebound tahun depan, menyebabkan surplus merosot dan harga perak rally,” katanya.

Capital Economics memperkirakan bahwa permintaan investor untuk batangan dan koin, yang akan mencapai level terendah selama sembilan tahun tahun ini, adalah untuk bangkit kembali.

“Kami memperkirakan permintaan ETF berada di 100 juta ons dan permintaan batangan dan koin akan meningkat lagi.” tulis Strachan.

Ekonom juga memproyeksikan akhir yang tidak terduga terhadap pengetatan kebijakan moneter AS tahun depan, yang kemungkinan akan melemahkan harga ekuitas dan imbal hasil obligasi, yang memicu realokasi aset ke safe-haven, seperti perak.

“Dengan beta yang biasanya tinggi, kami memperkirakan bahwa harga perak akan naik lebih dari emas,” Strachan menunjukkan.

Selain itu, ada juga kemungkinan tambahan dari penggunaan perak yang lebih tinggi dalam elektrifikasi otomotif, Strachan menambahkan.

Pada saat penulisan, Perak Comex Desember diperdagangkan pada $ 14,475, naik 1,44% pada hari itu.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.