Tanda Baik Untuk Bullish Emas: Membukukan Keuntungan Meskipun Greenback Rally

Harga emas dan perak naik sedikit pada perdagangan sore di AS pada hari Selasa, karena rebound ringan setelah emas mencapai level terendahnya selama hampir 1,5 tahun dan perak menyentuh level terendah dalam dua tahun pada hari Senin. Tanda menggembirakan untuk bullish logam mulia adalah bahwa pasar mereka mampu mempertahankan kenaikan hari ini meskipun rally solid yang terjadi di indeks dolar AS yang mencapai ke level tertingginya selama 14 bulan. Emas berjangka Desember bertahan hingga $3,30 per ounce pada $1,202.20. Perak Comex September bertahan hingga $0,063 pada $15,045 per ounce.

Pasar mata uang stabil sedikit hari ini, menyusul aksi harga hari Senin dan terbaru yang telah melihat mata uang sekunder dunia yang secara serius terdepresiasi terhadap dolar AS — terutama lira Turki. Namun, hal ini menjadi perhatian serius bagi para pedagang dan investor karena mereka khawatir tentang jenis skenario-menular yang telah mencengkeram pasar mata uang dalam sejarah baru-baru ini. Pedagang emas dan perak frustrasi karena logam safe-haven mereka tidak mendapat manfaat dari situasi ini — setidaknya belum.

Data ekonomi yang dirilis oleh China menunjukkan ekonomi terbesar kedua di dunia ini sedang melihat laju pertumbuhan yang melambat, sebagian karena perang dagang dengan AS. Belanja investasi tetap di China tumbuh 5,5% pada semester pertama tahun ini, yang merupakan pertumbuhan yang paling lambat dalam hampir 20 tahun. Tingkat investasi tahun lalu adalah 8,3% untuk periode waktu yang sama. Penjualan ritel di China juga turun sedikit di bulan Juli. Berita ini sedikit bearish untuk emas dan perak, karena China adalah importir dan konsumen logam terkemuka.

Outside market utama lainnya hari ini menemukan harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan diperdagangkan tepat di atas $67,00 per barel. Harga minyak menyentuh level terendahnya selama enam minggu pada hari Senin dan harga berada dalam tren turun jangka pendek.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.