Turun Tajam, Emas Global Tinggalkan USD1.300

Harga emas global turun sekitar 1 persen dan jatuh di bawah level USD1.300 per troy ons untuk pertama kalinya sejak pertengahan Februari. Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang mencatat kenaikan pada kuartal IV, mengurangi daya tarik emas sebagai aset lindung nilai.

Dolar AS yang menguat, dan pelemahan teknis setelah bullion menembus support psikologis di USD1.300 per troy ons juga memicu jual. Ekonomi AS tumbuh sedikit lebih cepat dari perkiraan sebelumnya setelah pengangguran turun ke level terendah empat bulan pekan lalu.

“Emas berada di bawah tekanan setelah laporan GDP yang kuat didorong antisipasi kegiatan ekonomi yang lebih tinggi pada kuartal II dan III,” kata kepala analis logam mulia di komoditas Chicago Alliance Financial LLC, Frank McGhee, seperti dilansir dariĀ Reuters, Jumat (28/3/2014).

Emas jenis Spot turun USD11,93 atau setara 0,9 persen menjadi USD1.291,56 per troy ons, setelah sebelumnya mencapai USD1.288,80 per troy ons, yang merupakan level terendah enam mingguan. Sedangkan emas berjangka AS untuk pengiriman April turun USD8,70 atau setara dengan 0,7 persen menjadi USD1.294,70 per troy ons.

Volume perdagangan sekitar 65 persen di atas rata-rata 30 hari perdagangan, sebagian besar didorong oleh rollover April-Juni menjelang kontrak April.

Holdings yang diperdagangkan di bursa emas yang didukung dana terbesar di dunia, SPDR Gold Trust, jatuh untuk sesi kedua berturut-turut, turun 1,8 ton menjadi 816,97 ton pada hari Rabu.

Sementara, platinum turun 0,4 persen menjadi USD1.396 per troy ons, sedangkan paladium turun 2,7 persen pada USD754,75 per troy ons karena investor mengambil keuntungan setelah rally baru-baru ini, di tengah kekhawatiran pasokan di Afrika Selatan. (sumber; Okezone)

(tr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.