WGC: ETF Mencetak Arus Keluar Emas Sebesar 38.6 Ton Pada Bulan Juli

Kepemilikan emas oleh exchange-traded funds di seluruh dunia turun 38,6 ton pada Juli menjadi 2.393,6 ton, World Gold Council melaporkan pada hari Selasa.

Bersama dengan penurunan 2% dalam harga emas selama bulan Juni, mendorong aset yang di bawah manajemen emas ETF lebih rendah menjadi $94 miliar dari $98 miliar pada bulan Juni, kata organisasi industri emas.

ETF memperdagangan seperti saham tetapi melacak harga komoditas, dengan logam dimasukkan ke dalam penyimpanan untuk mendukung saham. Mereka memberi investor akses ke harga emas tanpa harus khawatir tentang pengujian atau penyimpanan.

Aliran keluar emas ETF terjadi pada bulan Juli dari semua wilayah di seluruh dunia, tetapi yang paling banyak terjadi di Amerika Utara, di mana kepemilikan emas turun 25 ton, kata WGC. Kepemilikan ETF Eropa turun 8 ton, sedangkan yang terdaftar di Asia turun 5,1 ton. Bagian lain di dunia kehilangan 0,6 ton.

Di antara individu ETF, SDPR Gold Shares dan iShares Gold Trust memimpin penurunan di Amerika Utara, masing-masing kehilangan 19 dan 6,4 ton. Di Eropa, Source Physical kehilangan 14,8 ton, kata WCG. Bosera Gold ETF di China kehilangan 5,6 ton.

Sementara itu, di Eropa, iShares Physical Gold menambahkan 18 ton kepemilikan.

Untuk tahun ini hingga hari ini, emas ETF global masih memiliki arus masuk bersih. Data WGC menunjukkan bahwa kepemilikan naik 22,3 ton sejak awal tahun, terutama berkat arus masuk sebanyak 44 ton di Eropa. Kepemilikan ETF di Amerika Utara telah jatuh sebesar 20,2 ton gabungan sejak akhir tahun 2017.


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.